Jinakkan 9 Penyakit Berbahaya Dengan Jalan Kaki

Sabtu, 26 Mei 2012 | comments (1)

Info sehat kali ini adalah tentang manfaat jalan kaki yang ternyata mampu menjinakkan 9 binatang buas aleas 9 penyakit yang berbahaya bagi tubuh kita. Sangat sepele kelihatannya. Tapi jangan dianggap sepele, karena manfaatnya tidak sepele. 9 penyakit yang terkenal sangat berbahaya mampu dihadang oleh jalan kaki. Olahraga yang paling murah dan paling mudah dilakukan adalah Jalan Kaki. Karena itulah maka jalan kaki menjadi oleh raga favorit banyak kalangan. Tidak hanya menyenangkan, kegiatan jalan kali itu ternyata juga memberikan sangat banyak manfaat bagi tubuh. Ingin tahu apa saja manfaatnya?

Simaklah manfaat jalan kaki dibawah ini.

Pertama, Jalan Kaki Mencegah osteoporosis

Melalui gerak badan dan berjalan kaki cepat, tidak hanya otot-otot badan yang menjadi kokoh, akan tetapi tulang-belulang juga. Untuk metabolisme kalsium, bergerak badan diperlukan juga, selain butuh paparan cahaya matahari pagi. Tak cukup ekstra kalsium dan vitamin D saja untuk mencegah atau memperlambat proses osteoporosis. Tubuh juga membutuhkan gerak badan dan memerlukan waktu paling kurang 15 menit terpapar matahari pagi agar terbebas dari ancaman osteoporosis. Mereka yang aktif melakukan gerak badan sejak muda, dan cukup mengonsumsi kalsium, sampai usia 70 tahun diperkirakan masih bisa terbebas dari ancaman pengeroposan tulang. Luar biasa kan?


Kedua, Jalan Kaki Meredakan encok lutut

Menurut penelitian, lebih sepertiga orang usia lanjut di Amerika mengalami serangan encok lutut (osteoarthiris). Melalui pembiasaan diri berjalan kaki cepat atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok lutut bisa mereda. Untuk mereka yang terkena encok lutut, kegiatan berjalan kaki perlu dilakukan berselang-seling, tidak setiap hari. Tujuannya untuk memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

Satu hal yang perlu diingat bagi pengidap encok tungkai atau kaki: jangan keliru memilih sepatu olahraga. Kita tahu, dengan semakin bertambahnya usia, ruang sendi semakin sempit, lapisan rawan sendi kian menipis, dan cairan ruang sendi sudah susut. Kondisi sendi yang sudah seperti itu perlu dijaga dan dilindungi agar tidak mengalami goncangan yang berat oleh beban bobot tubuh, terlebih pada yang gemuk.

Bila bantalan (sol) sepatu olahraganya kurang empuk, sepatu gagal berperan sebagai peredam goncangan (shock absorber). Itu berarti sendi tetap mengalami beban goncangan berat selama berjalan, apalagi bila berlari atau melompat. Hal ini yang memperburuk kondisi sendi, lalu mencetuskan serangan nyeri sendi atau menimbulkan penyakit sendi pada mereka yang berisiko terkena gangguan sendi. Munculnya nyeri sendi sehabis melakukan kegiatan berjalan kaki, bisa jadi lantaran keliru memilih jenis sepatu olahraga. Sepatu bermerek menentukan kualitas bantalannya, selain kesesuaian anatomi kaki. Kebiasaan berjalan kaki tanpa alas kaki, bahkan di dalam rumah sekalipun, bisa memperburuk kondisi sendi-sendi tungkai dan kaki, akibat beban dan goncangan yang harus dipikul oleh sendi.

Ketiga, Jalan kaki Mencegah Stroke

Dengan berjalan kaki maka anda bisa tercegah dari serangan stroke. Kendati manfaat berjalan kaki tergopoh-gopoh terhadap stroke pengaruhnya belum senyata terhadap serangan jantung koroner, beberapa studi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tengok saja bukti alami nenek-moyang kita yang lebih banyak melakukan kegiatan berjalan kaki setiap hari, kasus stroke zaman dulu tidak sebanyak sekarang. Salah satu studi terhadap 70 ribu perawat (Harvard School of Public Health) yang dalam bekerja tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam dalam seminggu, risiko mereka terserang stroke menurun duapertiga.

Keempat, Jalan kaki Menekan Resiko Serangan jantung

Pertama-tama tentu menekan risiko serangan jantung. Kita tahu otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti. Untuk itu, otot jantung membutuhkan aliran darah yang lebih deras dan lancar. Berjalan kaki tergopoh-gopoh memperderas aliran darah ke dalam koroner jantung. Dengan demikian kecukupan oksigen otot jantung terpenuhi dan otot jantung terjaga untuk bisa tetap cukup berdegup.


Kelima, Jalan kaki Menurunkan berat badan

Di samping berat badan bisa dipertahankan stabil, mereka yang mulai kelebihan berat badan, bisa diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki tergopoh-gopoh itu secara rutin. Kelebihan gajih di bawah kulit akan dibakar bila rajin melakukan kegiatan berjalan kaki cukup laju paling kurang satu jam.


Keenam, Jalan kaki Mencegah kencing manis

Biasakan berjalan kaki melaju sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit. Hal tersebut ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk (National Institute of Diabetes and Gigesive & Kidney Diseases). Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang bisa diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki tergopoh-gopoh sama manfaatnya dengan obat antidiabetes.

Ketujuh, Jalan Mencegah Depresi

Ternyata bergerak badan dengan berjalan kaki cepat juga membantu pasien dengan status depresi. Berjalan kaki tergopoh-gopoh bisa menggantikan obat antidepresan yang harus diminum rutin. Studi ihwal terbebas dari depresi dengan berjalan kaki sudah dikerjakan lebih 10 tahun.

Kedelapan, Jalan Kaki adalah Obat Kanker

Penyakit ini dapat digagalkan muncul bila kita rajin berjalan kaki. Terutama jenis kanker usus besar (colorectal carcinoma). Kita tahu, bergerak badan ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. Kanker usus dicetuskan pula oleh tertahannya tinja lebih lama di saluran pencernaan. Studi lain juga menyebutkan peran berjalan kaki terhadap kemungkinan penurunan risiko terkena kanker payudara. Walau ada tanaman obat yang bisa membunuh kanker payudara, tapi jangan lupakan jalan kaki untuk mengatasinya.

Kesembilan, Jalan kaki Membuat Berat badan stabil

Ternyata dengan membiasakan berjalan kaki rutin, laju metabolisme tubuh ditingkatkan. Selain sejumlah kalori terbuang oleh aktivitas berjalan kaki, kelebihan kalori yang mungkin ada akan terbakar oleh meningkatnya metabolisme tubuh, sehingga kenaikan berat badan tidak terjadi.

Demikian 9 penyakit yang kita kenal sangat berbahaya dalam ilmu kesehatan. Hanya dengan berjalan kaki secara rutin, anda bisa menghindar atau paling tidak mengurangi ke sembilan penyakit tersebut. Apa susahnya berjalan kaki dan apa sulitnya ? Seperti kata saya di atas, sepele memang, tapi jangan sampai kita menganggap sepele. Karena manfaatnya bisa "menghancurkan" penyakit yang tidak sepele. Semoga manfaat.

Sumber Klik Di sini

Awas! Orang Kurang Minum Bisa Terserang Diabetes

| comments (3)

Setiap makhluk hidup di dunia memerlukan air untuk minum. Minum sangat penting untuk kesehatan. Manusia termasuk di antara makhluk yang sangat memerlukan minum dalam sertiap hari. Takaran normal untuk minum manusia setiap hari yang bagus untuk kesehatan adalah 2 liter atau sekitar 8 gelas. Jangan sampai kita ini kurang minum karena berakibat gangguan pada ginjal, itu menurut beberapa dokter yang saya minta penjelasannya tentang kesehatan ginjal. Tapi tahu nggak bahwa ternyata Orang Kurang Minum Bisa beresiko Terserang Diabetes ? Ini penelitian dan informasi baru menurut saya.


Untuk orang-orang yang minum kurang dari dua gelas per hari mempunyai kemungkinan mengembangkan gangguan kadar gula dalam darah. Kondisi ini mengarah pada pra-diabetes yang pada akhirnya menempatkan mereka pada risiko diabetes. Dalam sebuah studi baru, orang dewasa yang hanya minum setengah liter atau sekitar dua gelar per hari lebih mungkin mengembangkan gangguan kadar gula darah pra-diabetes, dibandingkan mereka yang banyak minum. Temuan tersebut hanya menunjukkan korelasi antara asupan air dalam tubuh dan kadar gula darah. “Tidak membuktikan sebab akibat,” kata peneliti senior Lise Bankir, dari lembaga penelitian nasional Perancis INSERM, kepada Reuters, seperti dikutip dari Fox News.

Berdasarkan penelitian itulah, hubungan itu ada kaitanya dengan produksi hormon vasopressin. Hormon yang juga dikenal sebagai hormon antidiuretik, itu berperan membantu mengatur retensi air di tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kadar vasopressin akan meningkat, dan membuat ginjal menghemat air. Namun, kadar vasopressin yang tinggi juga meningkatkan kadar gula darah. Bankir mengatakan bahwa reseptor vasopressin terdapat di dalam hati, organ yang bertanggung jawab memproduksi gula di tubuh. Sebuah studi menemukan bahwa menyuntikkan vasopressin di tubuh orang sehat dapat memicu lonjakan gula darah dalam seketika.

Dalam Penelitian tersebut melibatkan 3.615 orang dewasa di Prancis usia 30 hingga 65 tahun yang memiliki kadar gula darah normal. Sekitar 19 persen terbiasa minum kurang dari setengah liter air setiap hari. Sisanya, minum satu liter atau lebih air setiap hari. Temuan ini didasarkan pada 3.615 orang dewasa Perancis yang berusia antara 30 dan 65, dan memiliki tingkat gula darah normal pada awal. Sekitar 19 persen mengatakan mereka minum kurang dari setengah liter (17 ons) air setiap hari, sedangkan sisanya minum sampai satu liter atau lebih. Sembilan tahun selanjutnya, 565 peserta penelitian terdiagnosis mengembangkan kadar gula darah tinggi. Bahkan, 202 lainnya mengembangkan diabetes tipe 2. Mereka yang mengalami gangguan kadar gula darah mayoritas memiliki kebiasaan minum kurang dari setengah liter per hari.

Jadi, dengan penelitian tersebut jelaslah bagi kita semua, bahwa minum sangatlah penting untuk kesehatan. Dengan minum sesuai takaran, di samping bisa mencegah gangguan ginjal ternyata juga bisa mencegah terjadinya penyakit diabetes. Demikianlah info kesehatan kali ini, artikel dan info ini saya dapatkan dari web VivaNews. Silahkan anda ke sana untuk mendapatkan informasinya lebih lengkap. Semoga sehat selalu

Mengetahui Penyakit Dari Jari Tangan

| comments

Info Sehat : Ini mungkin agak unik dan jarang kita ketahui. Yaitu mengetahui penyakit melalui jari tangan kita. Mungkin metode ini terdengar tidak masuk akal, tapi beberapa penelitian makin banyak dilakukan untuk mendukung metode ini. Yang terbaru adalah studi yang dimuat dalam British Journal of Cancer yang memberikan kesimpulan bahwa ukuran jari telunjuk yang lebih panjang dari jari tangan lainnya lebih rendah risikonya untuk terkena kanker prostat. Teorinya begini, panjang jari-jari tangan ditentukan sejak janin di dalam kandungan dan dipengaruhi oleh paparan hormon estrogen dan testosteron. Hormon seks pria, testosteron, memengaruhi panjang jari manis dan hormon estrogen memengaruhi panjang jari telunjuk. Sebelum mengetahui risiko penyakit lain, pertama amati jari tangan Anda untuk melihat panjang jari telunjuk dan jari manis. Berikut beberapa petunjuk atau tanda-tanda penyakit yang mungkin timbul dari mengamati jari tangan anda


Jika jari manis lebih panjang dari telunjuk

Menurut penelitian tersebut di atas, Anda berisiko mengalami penyakit Osteoarthritis. Peneliti dari Universitas Nottingham menemukan orang yang jari manisnya lebih panjang dari jari telunjuk beresiko dua kali lipat menderita osteoarthirits di bagian lututnya. Tim peneliti menyimpulkan hal itu setelah melakukan penelitian dengan mengukur jari-jari 2.000 orang

Penyakit Anoreksia. Memang belum dijadikan sebuah kesimpulan, tapi menurut John Manning, ahli biologi, ada bukti-bukti bahwa orang yang menderita anoreksia biasanya punya ukuran jari manis yang panjang.

Penyakit Flu. Dalam penelitian yang dilakukan Manning terhadap 200 orang di Liverpool ditemukan orang yang jarimanisnya panjang cenderung lebih mudah terkena flu. "Hormon testosteron berpengaruh pada sistem imun tubuh sehingga seseorang lebih mudah terpapar infeksi," katanya.

Penyakit Autisme. Beberapa penelitian menunjukkan orang dalam kelompok jari manis panjang beresiko lebih tinggi menderita autisme atau ADHD.


Kabar Baik Untuk Yang Memiliki jari manis lebih panjang dari telunjuk

Kabar baik untuk orang yang jari manisnya panjang cenderung tidak merokok. Kenapa ? "Ini karena hormon testosteron berkaitan dengan tipe orang yang ekstrovert. Sementara itu kebiasaan merokok biasanya dilakukan orang yang introvert," kata Manning.


Jika jari telunjuk lebih panjang dari jari manis

Bagi yang memiliki jari telunjuk lebih panjang dari jari manis, Anda beresiko terkena penyakit Kanker payudara atau serviks: Wanita berusia 35-75 tahun yang menderita kanker payudara biasanya memiliki ukuran jari telunjuk lebih panjang. Para peneliti menduga hal itu terkait dengan paparan estrogen di dalam kandungan. Hormon itu diketahui terkait dengan perkembangan kanker payudara.

Kemudian pemilik jari telunjuk lebih panjang dari jari manis beresiko terkena Penyakit jantung: "Makin panjang ukuran jari manis, makin rendah risiko Anda terkena serangan jantung di usia muda," kata Manning. Ia berpendapat hormon testosteron bermanfaat untuk melindungi jantung.

Berikutnya yang memiliki jari telunjuk lebih panjang dari jari manis beresiko terserang Penyakit Bulimia. "Kaum wanita lebih sering menderita bulimia dibanding pria dan fakta bahwa ukuran jari telunjuk yang panjang terkait bulimia makin menunjukkan bahwa hal ini berhubungan dengan paparan estrogen dalam kandungan," katanya. Menurut penelitian tersebut, orang yang memiliki jari telunjuk lebih panjang dari jari manis akan terkena resiko penyakit Asma dan alergi.

Demikianlah artikel info sehat berkaitan dengan cara mudah Mengetahui Penyakit Dari Jari Tangan. Dengan mengetahui tanda-tanda di atas paling tidak kita bisa membuat langkah antisipasi untuk mengurangi beberapa resikonya. Bukan lantas karena sudah ada tanda-tanda di jari tangan anda kemudian anda pesimis mengantisipasinya. Apapun dan bagaimanapun hasil kesimpulan dari penelitian tersebut tetap kembali pada diri kita masing-masing. Ingin sehat, ya jaga kesehatan dengan baik, jaga cara makan dengan teratur. Harus optimis tidak boleh pesimis. Semoga selalu sehat.

Sumber Artikel : Klik Oyyy

Inilah 8 Manfaat Kedelai Bagi Kesehatan

| comments

Info sehat kini adalah tentang manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh. Jangan sepelekan kedelai ya. He he he. Silakan baca dengan detail, semoga benar-benar manfaat. Kedelai adalah termasuk jenis kacang-kacangan yang banyak terdapat di Asia Timur. Mereka dikelompokkan sebagai biji minyak. Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat dari kedelai ini dapat kita temukan pada negara-negara seperti China dan Jepang, di mana rata-rata masyarakatnya lebih minim terkena serangan penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara dan kelenjar prostat.

Kita sering mengatakan bahwa kedelai dapat dijadikan sebagai pengganti daging bagi mereka yang tergolong vegetarian. Kedelai merupakan biji-bijian yang kaya akan nutrisi dan Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari sejumlah produk berbahan mentah kedelai seperti susu kedelai, tempe, tahu, tauge, kacang, saus dan tepung.

Apa saja manfaat dari kedelai ? Di bawah ini saya sampaikan sejumlah manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi kedelai sbb :


1. Kedelai Mengandung Antioksidan

Dalam Kedelai ada terkandung senyawa yang diberi nama isoflavon. Isoflavon itu bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal.

2. Kedelai Meminimalisir Resiko Penyakit Jantung

Protein dan isoflavon yang ada di dalam kedelai membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) serta mampu menurunkan kemungkinan pembekuan darah. Dan pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

3. Kedelai Mencegah kanker

Manfaat dari Isoflavon yang ada dlam kedelai bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon seperti itu dari rahim, payudara dan prostat.

4. Kedelai Membalikkan efek endometriosis

Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

5. Kedelai Mencegah Osteoporosis
Juga, Protein kedelai membantu dalam penyerapan yang lebih baik kalsium dalam tulang. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat kehilangan tulang dan menghambat kerusakan tulang yang pada gilirannya mencegah osteoporosis.

6. Kedelai Mengatasi Gejala Menopause

Kandungan isoflavon pada kedelai membantu untuk mengatur estrogen. Penelitian telah menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat meminimalisir rasa panas pada badan (hot flushes) pada wanita menopause.

7. Kedelai Memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal

Protein dan serat yang larut dalam kedelai, mengatur kadar glukosa darah dan filtrasi ginjal, dengan demikian mengendalikan diabetes dan penyakit ginjal.

8. Kedelai Menjaga Berat Badan

Kandungan serat yang tinggi pada kedelai sebagai alat untuk manajemen (mengatur) berat badan. Ini adalah indeks glisemik rendah (GI) makanan yang mengatur gula darah dan fluktuasi insulin. Sehingga dapat membantu mengontrol rasa lapar. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam proses penurunan berat badan.

Delapan manfaat dari kedelai telah saya paparkan untuk anda. Sudah waktunya kita menjaga kesehatan badan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan makan yang sehat maka sedikit banyak akan mengurangi terjadinya serangan penyakit pada tubuh kita. Termasuk di antaranya adalah mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan kedelai. Jangan sampai bilang makanan kedelai adalah makanan kalangan bawah ya. Karena kalau melihat manfaatnya maka sangat berarti untuk kesehatan. Semoga manfaat

Sumber Asli Klik Di Sini

Si Cantik Ini Ternyata Bisa Menjadi Pembunuh Kanker Payudara

Jumat, 25 Mei 2012 | comments (1)

Dalam posting artikel Info Sehat kali ini saya akan sampaikan sebuah informasi berharga berkaitan dengan sebuah penyakit ganas yang banyak menyerang wanita. Namanya Kanker payudara. Maaf, bukan masalah kanker, tapi sebuah daun yang bisa mengatasi masalah kanker payudara. Jadi anda tidak usah galau dengan Kanker Payudara, karena ada obatnya. Apa itu ? Peterseli. Daun ini merupakan satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia dan telah diteliti mampu membunuh kanker payudara.


Sebuah penelitian menemukan bahwa ternyata Peterseli bukan sekadar dekorasi hidangan atau garnish. Tumbuhan yang dikenal dengan nama latin Petroselinum crispum itu merupakan herbal yang memiliki "sejuta" manfaat untuk tubuh. Salah satunya melawan ganasnya kanker payudara.  Tim peneliti dari Universitas Missouri menemukan kandungan zat bernama apigenin dalam peterseli dan seledri yang ampuh melawan kanker payudara dan beberapa jenis tumor yang berhubungan dengan hormon progestin.

"Kami tahu bahwa apigenin memperlambat perkembangan sel kanker payudara dengan tiga cara: dengan menginduksi kematian sel, menghambat proliferasi sel, dan dengan mengurangi reaksi gen yang berhubungan dengan pertumbuhan kanker," demikian kata Salman Hyder, peneliti studi, seperti dikutip Huffington Post.

Lebih lanjut Profesor biomedis itu menambahkan, dalam uji coba menggunakan tikus terungkap bahwa asupan apigenin memicu penyempitan pembuluh darah yang berperan memberi makan sel-sel kanker. "Ketika pembuluh lebih kecil berarti aliran nutrisi terbatas. Ini otomatis juga akan menghalangi penyebaran sel tumor dan kanker," kata para peneliti yang menerbitkan hasil studinya di Jurnal Hormon dan Kanker.

Peterseli adalah Tanaman Obat Terbaik di Dunia

Menurut Dr Denice Moffat, ahli nutrisi dari American Naturopathic Medical Association, mengatakan bahwa peterseli adalah merupakan salah satu dari tujuh tanaman obat paling mujarab di dunia, selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah. Peterseli banyak mengandung nutrisi. Di samping tinggi zat besi, daun "suci" Yunani itu juga mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin A, B12, dan C.

Kecuali melawan kanker, dedaunan yang ditanam mulai 2.000 tahun lalu itu bisa diandalkan untuk mengatasi berbagai masalah penyakit seperti anemia, gangguan pencernaan, liver, tekanan darah tinggi, kolesterol, ginjal, paru-paru, hormonal perempuan, atau gangguan menstruasi, gangguan penglihatan, batuk, demam, dan bau mulut.

Adapun Cara dan aturan mengKonsumsi peterseli bisa dilakukan dengan mencampurnya langsung ke dalam masakan atau sajian jus buah. Sedangkan untuk terapi kesehatan, anda bisa juga merebusnya. Akan tetapi, janganlah mengonsumsi peterseli dalam porsi berlebih karena kandungan minyaknya bersifat racun. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya tak mengonsumsinya.


Demikianlah Info Kesehatan kali ini tentang tanaman obat yang diteliti ampuh untuk membunuh kanker payudara, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sumber Klik Di Sini

Tips Mencegah Bau Badan

| comments (3)

Saya yakin anda pernah atau sedang mengalamni apa yang namanya bau badan. Penyakit ini membuat aktivitas dan gerak kita jadi kurang bebas, karena di samping bau dari tubuh akan dirasakan sendiri juga pasti "didengar" oleh orang lain melalui hidung mereka. Ya nggak ? Kenapa terjadi bau badan yang menyengat ? Karena Suhu tubuh yang meningkat akibat cuaca panas atau aktivitas fisik menyebabkan kelenjar terstimulasi memproduksi keringat dan keluar melalui permukaan kulit maka terjadilah penguapan.

Apa sebab bau keringat ?

Adapun penyebab terjadinya bau keringat diakibatkan oleh kurangnya menjaga kebersihan tubuh, adanya sisa keringat yang tidak menguap dan melekat pada badan, suka mengkonsumsi makanan tinggi kalori, ketegangan yang memicu emosi negatif seperti kecemasan, gelisah, stress dan kemarahan akan mengaktifkan kalenjar keringat dan mempertajam aroma tubuh yang tidak sedap. Istilahnya maka terjadilah "bau keringat" atau "bau badan".

Tips Mencegah timbulnya Bau badan

1. Sering Mandi

Ini adalah Langkah awal untuk mencegah bau badan, yaitu mandi secara teratur minimal 2 kali sehari. Sebaiknya Mandi dengan pancuran dari pada mandi dengan berendam. Kenapa demikian ? karena air mengalirlebih banyak sehingga kotoran-kotoran dan bakteri akan lebih banyak terbuang dari badan dibandingkan dengan dengan aliran air yang konstan atu tidak mengalir.

2. Cuci pakaian

Jangan hanya yang diperhatikan dengan cara mandi. Tapi, baju atau pakaian anda juga harus dibersihkan dengan cara dicuci. Badan yang sudah bersih tanpa didukung dengan pakaian yang bersih akan menjadi masalah. Cucilah baju sehari sekali agar keringat yang menempel di baju menjadi hilang.

3. Gunakan penghilang bau badan

Ada banyak produk yang khusus menghilangkan bau badan. Gunakan deadoran yang mengandung zat untuk memerangi bakteri penyebab bau badan. Bisa juga anda rendam bola kapas di dalam alkohol lalu jepitlah di ketiak selama beberapa menit untuk mengurangi bau badan yang disebabkan oleh bakteri. Anda juga bisa merendamnya dengan tea tree oil, yang bisa membuat ketiak Anda tetap kering, terhindar dari bakteri dan bau.

4. Asupan makanan dan minuman

Makan secara teratur, minum juga harus teratur. Perbanyaklah mengkonsumsi air minimal 2 liter per hari. 2 liter sama dengan Sekitar 8 gelas Dengan banyak mengkonsumsi air akan mengurangi kerja kelenjar keringat sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadinya bau badan. Baik juga mengkonsumsi  buah-buahan yang mengandung antioksidan dan Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam misalnya, kaya akan klorofil, yang juga memiliki efek seperti deodoran alami untuk tubuh. Hindari makan dan minuman mengandung kafein, coklat dan lemak. Bakteri sangat suka pada keringat yang mengandung lemak.

Itulah beberapa Tips Mencegah Bau Badan. Ingat anda akan lebih percaya diri dengan bau badan yang fresh aleas segar. Bau badan yang menyengat akan mengakibatkan aktivitas gerak anda menjadi terganggu demikian juga pada orang lain. Untuk itu peliharalah dan jagalah badan anda dengan memperhatikan tips-tips di atas. semoga selalu sehat ya.

Cara Mencegah Penyakit Ginjal

| comments (3)

Artikel kali ini melanjutkan tema sebelumnya tentang cara mencegah dan mengobati sakit ginjal. Dalam artikel tersebut telah saya jelaskan beberapa gejala yang berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal.

Seseorang yang diyakini mempunyai gejala sakit ginjal tidak perlu galau dan risau. Kehidupan normal seperti biasa tetap dijalani dengan baik. Malah dianjurkan untuk tetap melakukan olah raga dan makan dengan teratur dan wajar. Untuk lebih jelas tentang cara makan yang yang baik silahkan anda baca lagi artikel sebelumnya tentang cara makan yang baik. Karena makan juga merupakan faktor penting untuk kesehatan ginjal. Berikut saya paparkan untuk anda langkah-langkah pencegahan untuk menghindari rusaknya ginjal sebagai berikut :

1. Olah Raga

Lakukan olah raga secara rutin dan teratur. Yang dianjurkan di sini adalah olah raga yang tidak berat tapi teratur. Biar oleh raga ringan tapi teratur akan lebih baik dari pada olah raga berat tapi tidak teratur. Misalnya anda bisa jalan santai setiap pagi atau bersepeda 1-2 jam setiap minggu.

2. Berhenti Merokok

Merokok dipandang dari sudut manapun akan merugikan anda. Karena di dalam setiap rokok terkandung nikotin yang dalam jangka waktu panjang akan merusak organ-organ yang penting di dalam tubuh anda seperti paru-paru, kulit, jantung maupun ginjal. Bukankah sudah ada Peringatan Pemerintah dalam setiap kemasannya : Merokok dapat Menyebabkan Kanker, serangan Jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

3. Kurangi Makanan Berlemak

Makan berlemak akan meyebabkan kandungan kolesterol dalam darah anda akan meningkat. Hindarilah.

4. Kontrol Berat Badan

Setiap saat kontrol berat badan anda sehingga anda dapat terhindar dari obesitas.

5. Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang cukup, menghindari konsumsi jamu atau herbal yang tidak jelas, menghindari konsumsi obat-obat secara sembarangan ( tanpa rsep dokter ) merupakan cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi potensi penyakit ginjal.

6. General Checkup

Gagal ginjal dapat dicegah dengan cara melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin ( medical checkup ), termasuk memeriksa darah dan urin. Misalnya anda rutin memeriksa gangguan ginjal seperti kencing batu dan prostat, dapat mencegah munculnya gagal ginjal.


Demikianlah info sehat kali ini, semoga artikel tentang Cara Mencegah Penyakit Ginjal akan bermanfaat untuk anda, termasuk juga saya. Amien


Dikutip dari Bulletin Sidogiri Edisi 70 JUMADATS TSANIYAH 1433

Bahaya sakit Gigi pada Otak dan Jantung, Waspadalah !

Kamis, 24 Mei 2012 | comments (4)

Sebelumnya telah saya tulis beberapa cara alami untuk mencegah dan mengobati sakit gigi. Ternyata sakit gigi itu berbahaya pada jantung dan otak. Maka dari itu jangan sepelekan sakit gigi ya. Hal ini saya tahu setelah membaca artikel di blog marketing.co.id.

Sebagian besar orang menganggap sepele masalah perawatan gigi dan mulut. Padahal akibat infeksi bakteri pada gigi bahayanya sama dengan dengan kadar kolesterol tinggi dan perokok untuk penyakit jantung. Menurut seorang dokter gigi Alexander dari Dental Care Artha Gading, di dalam mulut seseorang terdapat sekitar 700 bakteri. Jadi apabila anda tidak rajin memelihara kesehatan gigi, kuman akan masuk ke aliran darah dan menimbulkan penyakit jantung. Saya sendiri tidak menyangka sedemikian parahnya.

Mulut adalah tempat paling kotor dalam tubuh manusia,” katanya. Mulut yang terserang oleh penyakit gigi dan gusi akan dipenuhi oleh bakteri. Sejumlah mikroorganisme ini terhimpun dalam plak yang lengket pada gigi. Hal ini Sangat berbahaya apabila mereka masuk dengan bebas ke dalam pembuluh darah. Jika pembuluh darah tersumbat, oksigen tidak sampai ke otak akan menyebabkan stroke. Plak pada gigi akan memungkinkan bermuara hingga ke otak atau jantung. Awalnya memang hanya sekedar gigi berlubang, tapi kemudian bakteri bisa menyerang katup maupun otot jantung.

Gejalanya bisa menyebabkan demam, bising jantung, pendarahan dibawah kulit bahkan penyumbatan pembuluh darahkecil di organ tubuh lainnya. Menurut  sebuah riset seseorang terkena sakit pada gusi memiliki risiko 2-3 kali lebih tinggi terkena serangan jantung dari pada orang yang memiliki gusi sehat. Alexander menekankan agar gigi tidak di cabut dalam keadaan sakit dan gusi bengkak. Jika dipaksa untuk dicabut, maka isi jarum suntik bisa bercampur dengan nanah. Maka dari situlah bakteri akan menyebar keseluruh tubuh lewat aliran darah. “Penyebab serangan jantung dan stroke bukan pengaruh saraf gigi, tapi karena bakteri yang kotor atau penyumbatan nanah pada saluran darah,” katanya.

Saat yang tepat untuk mencabut gigi adalah ketika sakit pada gigi telah mereda. Sebaliknya, dokter disarankan agar tidak menambal gigi pasien yang sedang sakit. Saat gigi mengalami infeksi, racun yang berasal dari tambalan gigi dapat menghilangkan sistem kekebalan tubuh yang menimbulkan penyakit degeneratif kronis di seluruh tubuh, katanya.

Jadi dengan penjelasan di atas semakin jelas bahwa betapa pentingnya memelihara dan menjaga kesehatan gigi. Ingat sekali lagi : Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Mau sakit gigi atau tidak ? He he he. Sama dengan saya, tidak mau sakit gigi yang ujung-ujungnya menderita sakit berikutnya yang lebih berbahaya lagi, otak dan jantung.

Cara Mencegah dan Mengobat Sakit Ginjal

| comments (3)

Info sehat kali ini akan menjelaskan tentang Ginjal, gejala gagal ginjal dan cara mencegah serta mengobati sakit ginjal. Ginjal adalah organ tubuh berbentuk seperti biji kacang merah, letaknya di dekat tulang belakang. Fungsi ginjal adalah sebagai alat filtrasi untuk mengeluarkan kelebihan garam, asam dan air. Gagal ginjal pada umumnya terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun. Maka sebaiknya penderita gagal ginjal mengetahui sejak dini sehingga bisa ditangani secepat mungkin.

Penyakit ginjal terjadi ata sering menyerang seseorang tanpa adanya keluhan sama sekali dari penderitanya. Penyebab gagal ginjal yang utama adalah penyakit diabetes dan penyakit genetik seperti kelainan kekebalan, cacat lahir dan sebab-sebab lainnya. Berikut adalah gejala-gejala yang harus diketahui berkaitan dengan menurunnya daya kerja ginjal yang berpotensi terjadinya gagal ginjal.

  1. Penimbunan sampah dalam darah. Hal ini ditandai dengan kelelahan, sekujur tubuh terasa sakit-sakitan, gatal, kram, mudah lupa, susah tidur, mual-mual, tidak ada nafsu makan, daya tahan tubuh terhadap infeksi kurang
  2. Masalah keseimbangan cairan. Penimbunan cairan dengan tanda-tanda  pergelangan kaki dan awajh membengkak. Sebaliknya  pengeringan cairan ditandai dengan mata yang sangat cekung, mulut kering, hampir tidak ada lendir dalam mulut.
  3. Gangguan hormon. Dengan berkurangnya daya kerja ginjal bisa menyebabkan ginjal lebih banyak menghasilkan lebih banyak hormon atau extra hormon. Akibatnya akan menambah hormon tekanan darah. Sebalinya hormon-hormon yang lain berkurang produksinya. Maka hal ini menyebabkan tubuh kekurangan darah, lelah dan juga tulang menjadi rapuh.

Bagaimana cara mencegah dan mengobati Gagal Ginjal ? Silahkan simak artikel berikutnya di lain waktu. Semoga tetap sehat ya.

Sumber : Bulletin Sidogiri Edisi 70 Jumadats Tsaniyah 1433

Cara Alami Mengobati Sakit Gigi

| comments (3)

Apakah anda pernah sakit gigi ? Kalau ya, maka anda sama nasibnya dengan saya pernah dilanda musibah atau diuji oleh Allah dengan yang namanya sakit gigi. Sakit gigi adalah sakit yang menurut saya sangat menjengkelkan. Karena apa ? Dari luar kelihatannya tak kurang suatu apa eh di dalam sakitnya minta ampun. Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa sakit gigi di antaranya adalah terlalu banyak makan yang manis-manis, terlalu asam atau mengkonsumsi makanan yang terlalu dingin.

Bagi yang mungkin sekarang sedang mengalami sakit gigi, agar aktivitas anda tetap berjalan dengan lancar maka saya ingin sharing solusinya untuk anda berupa pengobatan secara alami. Ini untuk menghindari kemungkinan sakit gigi anda menjadi sangat parah dan akhirnya memutuskan untuk dicabut saja. Silahkan simak, semoga manfaat.


Bawang Putih

Bawang Putih adalah bumbu dapur yang ternyata tidak hanya berfungsi sebagai penyedap makanan. Bawang Merah adalah obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati sakit gigi anda. Caranya, ambil satu siung saja bawang putih, haluskan kemudian dicampurkan dengan sedikit garam kasar. Setelah itu tempatkan di area gigi yang sakit. Cara ini dipercaya bisa meredakan dan bahkan menyembuhkan sakit gigi. Di samping itu anda bisa juga mengunyah bawang putih setiap pagi agar gigi yang telah sembuh bisa menjadi lebih kuat dan sehat.


Bawang Merah

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bawang merah mengandung komponen anti bakteri. Mengkonsumsi satu bawang merah setiap hari dengan cara mengunyah bisa melindungi anda dari berbagai masalah gigi. Mengunyah bawang merah selama 3 menit bisa membunuh kuman yang bersarang di mulut. Dan anda bisa meredakan gigi anda yang sedang sakit dengan cara menempatkan sepotong kecil bawang merah di area gigi atau gusi yang sakit


Jeruk Limau

Jeruk limau adalah buah yang banyak kaya dengan vitamin C. Di antara manfaatnya adalah mempertahankan kesehatan gigi fan tulang di bagian tubuh lainnya. Jeruk limau juga dipercaya bisa mencegah gigi berlubang dan gigi tanggal. Bisa juga mencegah pembentukan plak gigi dan pendarahan pada gusi.


Minyak Cengkeh

Cengkeh memiliki kandunag anti septik yang dapat mengurangi infeksi dan efektif meredakan sakit gigi. Caranya oleskan minyak cengkeh ke lubang gigi yang mengalami kerusakan


Tepung Lada

Untuk menjaga kesehatan gigi anda juga bisa memanfaatkan lada. Campuran sedikit tepung lada dan 1/4 sendok teh garam dipercaya sangat bagus untuk menjaga kebersihan gigi. Jika dikonsumsi secara teratur setiap hari bisa mencegah gigi berlubang, nafas bau, gusi berdarah, sakit gusi dan sakit gigi. Untuk meredakan sakit gigi anda bisa juga menempatkan campuran tepung lada dan minyak cengkeh ke dalam lubang gigi anda.


Cabai Hijau

Yang lain adalah Cabai Hijau. Cabai hijau secukupnya dipotong ujungnya sedikit kemudian dibakar. Setelah panas, cabai ditempelkan pada bagian gigi yang sakit. Laksanakan 2 kali sehari secara teratur.


Mungkin masih banyak sekali resep untuk mengobati sakit gigi yang berasal dari alam kita. Yang paling penting adalah "mencegah lebih baik dari pada mengobati". Untuk mencegah sakit gigi sebaiknya anda melakukan langkah-langkah preventif seperti bersiwak, menyikat gigi secara teratur setelah makan dan sebelum tidur, berkumur setelah makan untuk menghilangkan sisa sisa makanan, banyak makan yang berserat dan jangan lupa mengurangi makanan yang terlalu manis dan terlalu asam.

Semoga manfaat

Sumber : Bulletin Sidogiri Edisi 68 Jumadil Ula 1433

Ingin Sehat, Ikuti Aturan Cara Makan Yang Baik

Selasa, 22 Mei 2012 | comments (2)

Di antara ciri makhluk hidup adalah makan. Manusia adalah makhluk hidup. Maka ia perlu makan untuk tetap sehat dan tetap bertahan hidup. Makanan berfungsi menjadi suplai energy dan segala kandunganya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Makan adalah aktivitas yang harus dilakukan setiap manusia agar kelangsungan hidupnya tetap terjaga dan terpelihara. Intinya jika ingin tetap hidup maka jangan sampai luka untuk makan dalam setiap harinya.

Dalam makan, Cara dan polanya sangat berpengaruh pada kesehatan jasmani seseorang. Bahkan tidak hanya berpengaruh pada jasmani, tapi juga bisa berpengaruh pada rohani. Apabila Salah dalam cara maupun pola makan, akan terjadi masalah pada system pencernaan. Maka jika sudah demikian, seluruh proses dalam pencernaan sampai penyerapan zat yang berguna dari makanan tersebut juga akan terganggu. Akibatnya sangat berpengaruh pada tubuh kita.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam urusan makanan yaitu:

  1. Makanlah hanya makanan yang Halal, artinya diperbolehkan oleh syariat. Juga Thayyib, artinya baik gizi dan kandungannya.
  2. Buatlah Jadwal makan yang teratur.
  3. Hindari makan hingga terlalu kenyang dan jangan pula membiarkan perut terlalu lapar. Baca juga artikel sebelumnya tentang
  4. Dilarang makan melebihi sepertiga perut. Karena apa ? Karena sepertiga lainnya adalah untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk udara (nafas).


Berikut saya sampaikan Aturan dan Tata cara makan yang baik sebagai berikut, semoga manfaat untuk anda terutama untuk saya sendiri:

  • Jangan lupa untuk Mencuci tangan sebelum makan;
  • Berdoalah sebelum makan,
  • Hendaknya pada saat maka duduk dengan baik, tegap dan tidak bersandar, agar makanan turun dengan sempurna;
  • Gunakan tangan kanan anda untuk makan;
  • Jikalau makan hendaknya dari hidangan atau porsi yang terdekat dengan kita;
  • Memenuhi mulut dengan makanan yang terlalu banyak tidaK baik, maka jauhilah agar dapat mengunyah makanan dengan sempurna.
  • Hindari makan sambil bicara dan janganlag tergesa-gesa dalam mengunyah dan menelan makanan. Tujuannya apa?  Agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Karena makanan yang tidak dikunyah dengan sempurna, akan mengakibatkan kerja lambung semakin berat.
  • Jangan menyisakan makanan di piring (tempat makan). Alangkah baiknya mengambil makanan secukupnya sesuai dengan porsi makan kita. Jika sampai berlebih, maka makanan tersebuat akan terbuang percuma.
  • Bacalah doa setelah selesai makan
  • Jangan lupa untuk menCuci tangan kembali setelah makan.
Dengan memperhatikan cara makan yang baik seperti di atas, Insya Allah kesehatan tubuh kita akan selalu terjaga. Ingat kata pepatah lama " Dalam tubuh yang Sehat terdapat Jiwa yang Sehat " Yuk pelihara kesehatan tubuh kita dengan baik agar pikiran dan batin kita selalu tenang dan tentram.

Mencegah Adalah Lebih Baik dari pada Mengobati

Minggu, 20 Mei 2012 | comments (1)

Penyakit datangnya tidak terduga dan setiap saat selalu datang menghampiri setiap manusia yang hidup. Tak peduli siapapun, dari manapun dan kapanpun. Tak peduli rakyat jelata dan para pejabat tinggi. Bahkan dokterpun bisa saja terkena serangan penyakit. Makanya sakit itu tidak pilih orang dan tidak memilih orang berpangkat atau tidak berpangkat. Solusinya adalah pencegahan. Seperti kata pepatah : Mencegah Adalah Lebih Baik dari pada Mengobati. Mengantisipasi timbulnya penyakit adalah juah lebih baik dari pada mengurus penyakit yang sudah datang terlebih dahulu.

Bagaimana mengantisipasi atau mencegah datangnya penyakit ? Di antaranya dengan cara maka teratur dan makan makanan yang bergizi dan sehat. Mengatur makanan kadang menjadi hal yang kita anggap enteng saat penyakit belum menghinggapi badan kita. Baru setelah penyakit datang maka buru-buru kita mencari cara bagaimana mengatur makanan. Seperti dalam sebuah perang,  datang musuh terlebih dahulu baru sibuk mencari senjata untuk melawannya. Tentu saja hal tersebut menjadi terlambat karena musuh sudah melakukan persiapan terlebih dahulu.

Makan teratur adalah solusi yang sangat tepat untuk mencegah timbulnya penyakit. Teratur di sini bisa juga meniru Nabi Muhammad SAW dalam makan sehari-hari. Apa keteladanan Nabi dalam urusan makan? Beliau makan apabila lapar dan berhenti makan apabila sudah terasa kenyang. Dan ini diajarkan kepada semua sahabat-sahabatnya kala itu. Maka para sahabat Nabi terkenal jarang sakit karena mampu mengatur makan tadi. Bahkan ada tabib pada masa itu yang dikirim dari seorang pemimpin ( saya lupa siapa namanya ) menjadi pengangguran karena tidak pernah ada orang yang sakit. Sehingga si Tabib heran dan bertanya kepada Nabi, wahai ya Rosulallah, kenapa saya semenjak datang ke sini jarang mendapatkan pasien atau orang sakit? Apa memang orang-orang di sini tidak pernah sakit? Dan apa resep mereka sehingga tidak pernah sakit begini ? Nabi menjawab dengan tersenyum, kami mengatur makan dengan baik. Caranya kami makan ketika lapar dan berhenti makan ketika telah terasa kenyang. Itulah makanya kami jarang sakit.


Di samping itu, tentu saja makanan yang kita konsumsi harus memenuhi standar kesehatan. Jadi makan tidak asal makan. Dalam ilmu kesehatan dikenal dengan istilah makanan 4 sehat 5 sempurna berupa daging, sayuran, buah, nasi dan kemudian susu. Bahkan kalau bagi umat Islam menjadi makanan 5 sehat 6 sempurna. Apa yang ke 6 ? Yang ke 6 adalah makanan harus halal. Ya, tidak hanya makanan yang harus baik, tapi juga harus halal, hasil memperoleh dengan cara-cara halal.

Kemudian Mencegah timbulnya penyakit adalah dengan melakukan olah raga secara teratur. Makan saja secara teratur dan memenuhi standar kesehatan adalah tidak cukup. Karena itu perlu berolah raga secara teratur agar peredaran darah menjadi lancar. Ibarat air, jika air tergenang dan mengalir tidak lancar, maka biasanya banyak sekali kotoran dan sampah berserakan. Tapi lain halnya jika air mengalir, alirannya sangat jernih dan kotoran akan habis dengan sendirinya. Saya yakin manusia juga begitu.

Semoga artikel tentang  Mencegah Adalah Lebih Baik dari pada Mengobati akan bermanfaat sekali untuk anda. Terima kasih

Sehat adalah Kebutuhan Primer

Sabtu, 19 Mei 2012 | comments

Apakah anda pernah membayangkan jika di bumi ini orang beraktivitas tanpa kesehatan ? Mengerjakan sesuatu sedangkan manusianya tidak sehat? Kalau saya tidak bisa membayangkan. Ngeblog dalam keadaan tidak sehat. Pergi ke kantor dalam keadaan tidak sehat. Menyetir sepeda motor atau mobil dalam keadaan sakit. Menyetir pesawat terbang tapi pilotnya tidak sehat. Alangkah tidak indahnya hidup jika orang-orangnya diisi dengan manusia-manusia tidak sehat baik jasmani atau rohani. Sungguh aku tidak bisa membayangkan sama sekali.

Jadi sehat adalah satu kebutuhan. Seperti kata pepatah "banyak jalan menuju Roma". Maka banyak jalan juga untuk memiliki tubuh yang sehat baik jasmani atau pun rohani. Tergantung kepada niat dan tekad kita. Mau sehat atau mau tidak sehat. Kalau saya bertanya pada anda, apakah anda ingin sehat ? Saya yakin sebagian besar anda akan berkata, ya pasti dong saya mau sehat. Blog ini saya buat untuk memberikan informasi kepada seputar kesehatan untu, secara gratis. Artikel-artikel yang saya tulis tentu saja saya akan kumpulkan informasinya dari berbagai sumber, misalnya koran, blog, web, majalah dll. Semoga dengan artikel yang akan saya tulis ini akan menjadi kemanfaatan untuk anda yang benar-benar ingin menjaga kesehatan.

Karena saya mengambil dari berbagai sumber maka jika saya tidak bisa memberikan jawaban pada anda jika mengajukan pertanyaan, sebaiknya anda langsung bertanya pada sumber yang bersangkutan untuk lebih jelas. Kepada beberapa sumber yang akan saya sebutkan di setiap akhir atikel jika tidak berkenan artikelnya saya sadur ( BUKAN COPAS ) silahkan komplain pada saya dan artikel yang saya posting akan segera dihapus.


Akhirnya, mohon doanya pada anda semoga saya masih terus diberikan kesehatan oleh Yang Kuasa dan masih memiliki kemampuan untuk memberikan tips sehat yang bermanfaat untuk anda. Salam sukses dan semoga sehat selalu
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger