Bahaya Es Batu Bagi Kesehatan

Rabu, 29 Agustus 2012 | comments (4)

Ketika anda kehausan di tengah terik matahari, apa yang terbayang dan terlintas di dalam pikiran anda untuk mengatasi kehausan tersebut ? Es batu. Ya es batu yang dicampurkan ke dalam segelas minuman. Wiiich segarnya tenggorokan di tengah terik yang sangat menyengat lalu minuman yang telah dicampur dengan benda padat dingin yang disebut es tersebut mengalir dari mulut ke tenggorokan lalu ke perut. Rasa haus hilang dengan seketika.

Tapi tahukah anda bahwa di balik rasa es batu yang kita anggap bisa menghilangkan haus itu ternyata berakibat tidak baik bagi kesehatan? Bukan karena dinginnya, tapi karena es batu berasal dari air yang tidak steril. Banyak es batu yang dijual di pasaran berasal dari air yang tidak bersih. Pabrik pembuat Es Batu sebagian besar tidak akan menggunakan bahan air masak. Apalagi sampai menggunakan air mineral adalah hal yang tidak mungkin. Sebab jika menggunakan air masak dan air mineral akan menambah modal yang sangat tinggi. Maka pembuat es batu harus mempertimbangkan seribu kali untuk menggunakan air masak dan mineral.

Solusi untuk mendapatkan keuntungan adalah air biasa yang didapat dengan mudah bahkan bisa gratis. Di mana bisa didapat air seperti itu ? Biasanya dari air sungai. Coba anda bayangkan apa saja yang ada di dalam air sungai. Kotoran manusia, hewan, bangkai, sampah dll yang ada di sana. Jika air sungai yang kotor itu dibuat menjadi es maka berarti anda memasukkan segala macam kotoran sungai tersebut ke dalam perut anda.

Air sungai memang bisa kotor dan keruh. Tapi akal pembuat es/pihak pabrik tidak kehabisan akal. Manfaatkan kapurit ( pemutih ) agar air bisa kelihatan jernih dan putih. Dan setelah menjadi maka es akan menjadi putih dan bening. Pada mulanya Es Batu ini hanya dimanfaatkan untuk membuat bahan makanan seperti ikan, buah dan sayuran menjadi awet atau tahan lama. Atau  untuk mendinginkan minuman botol pada kotak2 yang tidak memiliki sistem pendingin. Jadi tujuan utama didirikan pabrik es batu adalah mengawetkan bahan makanan dan atau untuk mendinginkan botol minuman. Celakanya para penjual makanan dan minuman menggunakan Es Batu ini untuk dimasukkan pada minuman dingin yang mereka jual.

Seperti Apakah Bahaya Es Batu ?

Ada sebuah peneletian dan pengamatan. Penelitian ini dilakukan oleh sebuah TV swasta. Tim investigasi dari TV tersebut mengambil contoh secara random di beberapa penjual yang mencampurkan Es Batu pada aneka minuman yang mereka jual. Lalu tim tersebut membawanya ke laboratorium untuk mengetes kandungan dari es tersebut. Hasil sungguh menggidikkan dan membuat bulu roma berdiri. Ternyata dalam es itu terkandung bakteri E-COLI jauh di atas batas normal (10.000 – 20.000 per 100 mL). Dengan lain kata, Es Batu ini mengandung bakteri hampir Setara dengan (maaf) kotoran manusia. Berarti air Es Batu lebih kotor dari pada air toilet.  Mulai sekarang anda harus extra hati-hati jika suka mengkonsumsi minuman dingin di warung tepi jalan atau restoran siap saji.

Lagi ?

Baru-baru ini ada sebuah penelitian menemukan bukti bahwa 70% di dalam Es Batu yang disajikan di restoran siap saji lebih mempunyai banyak kuman dibandingkan air toilet. Jasmine Roberts, seorang anak perempuan yang baru berusia 12 tahun telah berhasil melakukan penelitian. Dengan penelitian tersebut Jasmine berhasil meraih penghargaan proyek sekolah menengah.

Ia membuktikan penelitian ini dengan mengambil sampel Es Batu dan Air Toilet yang diambil dari lima restoran fast food yang berada di wilayah Florida Selatan. Kemudian ia melakukan pengecekan bakteri dari sampel Es Batu dan air toilet itu di University of South Florida.  Hasilnya, ditemukan bakteri E.coli yang biasanya terdapat dari sisa air pembuangan yang menyebabkan timbulnya beberapa jenis penyakit.

"Bakteri ini seharusnya tak berada di dalam Es Batu. Jasmine membantu kita memperingatkan adanya bahaya kesehatan yang bisa disebabkan oleh Es Batu ini," demikian kata Dr. David Katz kontributor masalah kesehatan ‘Good Morning Amerika’ seperti dilansir detikhot dari ABC News.

Saran dan Kesimpulan

Jika memang anda suka mengkonsumsi yang dingin-dingin atau suka minuman dengan dicampur es batu sebaiknya perhatikan hal-hal sebagai berikut:


1. Sebaiknya tidak membiasakan minum minuman yang dicampur es batu yang banyak dijual di warung di tepi-tepi jalan. Jika terpaksa minta saja minuman yang hangat. Minuman hangat ternyata juga nikmat loh.

2. Kreteria Es yang baik adalah es yang dibuat dari air masak. Jika belum dimasak maka pastikan bahwa air yang akan dijadikan es itu belum tercemar seperti mata air pegunungan.

3. Minumlah es yang dalam proses pembuatannya benar-benar steril. Steril maksudnya adalah es itu bersih dan aman untuk diminum.

Demikianlah artikel tentang bahaya mengkonsumsi minuman yang dicampur es batu. Semoga menjadi perhatian kita semua untuk lebih hati-hati di dalam mengkonsumsi minuman apapun walau kelihatannya lezat, nikmat dan segar. Ingat, "Mencegah lebih baik dari pada Mengobati". Semoga selalu sehat.
loading...

Beberapa Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Sabtu, 25 Agustus 2012 | comments (2)

Agar aktivitas yang kita lakukan dalam keseharian bisa berjalan dengan baik maka manusia memerlukan asupan serat yang cukup agar proses pembuangan "sampah makanan" dari dalam tubuh lancar tidak ada satu hambatan. Banyak yang tidak menyadari atau mungkin tidak tahu bahaya dari kekurangan serat dalam makanan yang kita konsumsi. Bahaya yang bisa ditimbulkan adalah wasir.

Dampak dari wasir sering dianggap remeh dan dianggap tidak berbahaya. Kalau saya artikan wasir adalah sulitnya "proses pengeluaran" kotoran dari dalam tubuh kita. Mestinya, yang ideal, manusia membuang kotorannya adalah  satu kali dalam satu hari. Jika proses pembuangan tidak lancar tentu saja akan berdampak besar pada aktivitas kita sehari-hari.

Maka dari itu kita seharusnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Banyak sekali makanan yang mengandung serat. Mau tahu ? Silahkan simak keterangan sebagai berikut :

1. Oatmeal

Di dalam Oatmeal ada kandungan beta glucan yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oatmeal adalah merupakan campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. Apa itu serat larut dan serat tidak larut ? Serat larut adalah merupakan jenis serat yang menurunkan kolesterol darah. Dan serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan agar bisa berjalan lancar.

2. Kacang hitam

Dalam satu cangkir kacang hitam ada kandungan serat  15 gram dan proteinsekitar 15 gram. Warna gelap dari kacang hitam menjadi pertanda adanya kandungan flavonoid yang tinggi. Kita tahu Flavonoid mempunyai kandungan antioksidan yang kuat. Apabila menambahkan kacang-kacangan dan makanan tinggi serat lainnya untuk diet sehari-hari, pastikan untuk minum lebih banyak air.

3. Kacang putih

Kacang putih adalah merupakan bagian dari sumber gizi yang paling baik dari kalium di samping juga kaya serat, protein, dan zat besi. Di dalam satu cangkir kacang putih terdapat 25 persen dari kebutuhan harian untuk nutrisi yang melawan terjadinya darah tinggi atau hipertensi.

4. Jagung

Jagung adalah makanan yang berbentuk biji-bijian. Jagung itu enak rasanya. Apalagi jagung muda. Lebih enak lagi kalau dibakar. Hmmm, harum aromanya mengundang selera untuk memakannya. Yang saya alami jika saya makan jagung maka mengeluarkan "sesuatu" dari belakang menjadi lancar seakan tanpa hambatan. Usut punya usut ternyata jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Menurut ahli kesehatan, dalam separuh cangkir biji jagung terdapat kandungan serat seberat 2 gram. Kalau orang Madura seperti saya sudah bukan hal yang asing lagi memasak nasi dicampur dengan jagung. Rasanya sangat nikmat apalagi kalau diberi kuah bening.

5. Kacang merah

Kadungan serat yang tinggi terdapay juga pada kacang merah di samping kandungan protein, dan zat besi.


6. Pasta gandum

Termasuk makanan yang kaya akan serat adalah Pasta gandum.

7. Buncis

Jika anda mencari makanan yang mengandung serat konsumsilah buncis. Buncis memiliki kandungan serat dan juga kandungan antioksidan.

8. Beras merah

Dalam satu cangkir beras merah terdapat kandungan serat sebanyak 3,5 gram. Sebuah penelitian di Harvard ditemukan bahwa makan lebih dari lima porsi nasi putih dalam satu minggu mempertinggi resiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Berbeda dengan beras merah. Dengan menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu dapat meminimalisir atau menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen.

9. Buah Pir

Buah pir adalah merupakan sumber gizi dan serat yang tinggi. Terdapat kandungan serat sekitar 5,5 gram di dalam sebuah pir dengan ukuran sedang

10. Raspberi

Rasberi mengandung serat yang tinggi dan bergizi tinggi pula. Dalam sekitar satu cangkir terdapat sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harian. Di samping itu, rasberi juga merupakan antioksidan yang kuat.

11. Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan telah saya paparkan pada artikel sebelumnya. Silahkan anda baca baca lagi ya. Ternyata alpukat adalah merupakan salah satu sumber serat tinggi. Dalam 2 sendok alpukat terkandung sekitar 2 gram serat dan buahnya mengandung serat sekitar 10 gram. Buaha alpukat juga merupakan sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

12. Roti gandum

Memasukkan roti gandum dalam diet sehari-hari adalah pilihan diet yang cerdas karena Gandum dapat mempertahankan unsur-unsur gizi dan kaya serat.

13. Brokoli

Brokoli dikenal dalam dunia kesehatan sebagai pencegah kanker. Akan tetapi, di samping dapat mencegah kanker, di dalam sayuran brokoli juga terdapat kandungan serat. Dalam secangkir brokoli rebus akan ditemukan sekitar 5,1 gram serat.

14. Kacang polong

Kacang polong adalah merupakan sumber serat yang tinggi di samping lezat, serbaguna, dan murah. Di dalam satu cangkir kacang polong terdapat kandungan serat sekitar 16,3 gram. Dan di dalam satu cangkir kacang polong beku terdapat kandungan serat sekitar 8,8 gram setelah dimasak.

15. Kacang almond

Almond adalah merupakan sumber serat yang sangat baik, sumber lemak sehat, dan juga sumber protein. Sama dengan kacang-kacangan yang lain. Akan tetapi jumlah kalori almond cukup tinggi. Jadi anda tidak boleh terlalu banyak makan kacang almond karena kandungan kalori yang tinggi tadi. Jumlah yang disarankan adalah sekitar seperempat cangkir. Dalam Seperempat cangkir ada kandungan serat sekitar 3 gram dan kandungan kalori sekitar 170 kalori.

16. Buah Apel

Dalam sebuah apel dengan ukuran sedang terdapat kandungan serat sekitar 4,4 gram. Tapi jika anda konsumsi dengan kulitnya. Jadi jika makan apel hendaknya makan dengan kulitnya. Karena, jika anda membuang kulitnya maka seratnya akan hilang dan juga sejumlah phytochemical yang bermanfaat akan lenyap. Manfaat mengkonsumsi buah apel silahkan baca di sini.

Demikianlah beberapa makanan yang banyak mengandung serat dan sangat baik untuk kesehatan kita. Semoga artikel berupa tips-tips kesehatan kali ini akan bermanfaat untuk anda dan khususnya juga untuk saya.
loading...

Cara Sederhana Mengetahui Madu Asli

Selasa, 21 Agustus 2012 | comments (4)

Sebagaimana telah saya tulis sebelumnya bahwa begitu banyak manfaat dari mengkonsumsi madu untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh kita. Madu dapat menjadi obat alternatif bagi kita yang sedang terkena penurunan stamina dan bahkan yang sedang bermasalah dengan penyakit yang berat seperti tersumbatnya pembuluh karena kolesterol, penyakit kencing manis dan lain sebagainya. Untuk mengetahui manfaat dari madu silahkan buka lagi artikel sebelumnya di sini

Madu memang bermanfaat untuk kesehatan. Dan madu telah banyak bertebaran di mana-mana dan banyak dicari orang karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan. Karena banyaknya orang mencari madu, maka tidak sedikit yang memanfaatkan momen ini untuk melakukan penipuan dengan menjual madu aspal aleas katanya asli padahal palsu. Tujuannya tidak lain untuk mengeruk keuntungan yang sebesar-besarnya dengan membuat orang lain merugi.

Sangat banyak jenis madu yang beredar secara bebas di masyarakat, baik madu jenis local hingga madu impor yang dijual dengan harga yang mahal. Tapi ingat tTidak semua madu yang dijual dipasaran adalah merupakan madu murni. Maka dari itu, kita harus tahu mana madu asli dan mana madu tidak asli aleas palsu.

Adapun cara mengetahui secara sederhana madu asli yang biasa dijual dipasaran adalah sebagai berikut :

Madu yang memiliki kandungan air yang sedikit adalah merupakan madu yang mempunyai kualitas yang baik. Karena madu tersebut diambil dari sarang lebah tanpa diberi campuran apapun. Cara yang paling valid Untuk mengetahui madu yang dijamin keaslian dan kualitasnya adalah dengan melakukan tes laboratorium. Akan tetapi kita bisa mengetahui akan mutu dari madu dengan beberapa langkah sederhana berikut ini :

Langkah Pertama
Teteskan satu tetes madu kedalam segelas air putih. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas tanpa berpendar dan akan tetap kelihatan solid atau mengumpul.

Langkah Kedua
Untuk mengetahui madu asli dan berkualitas adalah dengan cara dibakar. Ambil sendok lalu isi sendok tersebut dengan madu setengahnya saja. Lalu nyalakan lilin dan panaskan madu di sendok tadi di atas lilin yang menyala. Tandanya, Madu asli akan meluber sebab terkena panas dan akan tumpah.

Langkah Ketiga

Ambil 1 sendok makan madu dan masukkan ke dalam sebuah cawan putih. Kemudian masukkan air secukupnya ke dalam cawan yang ada madu tersebut. Silahkan Goyang-goyang  cawan yang berisi campuran madu dan air tersebut selama 40 detik hingga satu menit. Tandanya, jika madu tersebut adalah asli maka sesudah digoyang-goyang cawan campuran madu dan air tadi akan terbentuk struktur rumah lebah.

Langkah Keempat


Langkah berikut ini sangat sederhana. Monggo sediakan kertas Koran secukupnya. Teteskan madu diatas kertas koran. Tandanya, jika madu asli, maka madu tidak akan langsung merembes di kertas koran karena tidak mengandung air.

Kesimpulan


Cara-cara sederhana di atas sangat bermanfaat untuk mengetahui madu asli dan madu tidak asli. Ada sebagian teman yang memberikan saran begini, tidak apa-apa beli madu yang banyak bertebaran di pasaran. Tapi ketika minum madu usahakan minum 2 atau 3 sendok makan. Jika anda minum 2 sendok maka diyakini yang 1 sendok adalah asli dan yang 1 adalah madu palsu. Berarti anda minum 1 sendok madu setiap hari. Semoga bermanfaat untuk anda tips kali. Salam sehat.
loading...

24 Manfaat Madu untuk Kesehatan

Jumat, 17 Agustus 2012 | comments (15)

Madu memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Madu dijadikan sebagai bagian dari cara pengobatan yang dianjurkan bahkan diajarkan oleh Nabi SAW (Shalawat Nabi). Seperti kita tahu bahwa Nabi Muhammad terkenal dengan sebutan Tobib ( dalam bahasa Indonesia Ahli pengobatan ), jadi sangat baik bagi kita untuk mengonsumsi madu sebagai cara pengobatan.

Kemanfaatan madu untuk kesehatan sesuai dengan dalil atau hadits Nabi ( Hadits adalah perkataan dan perbuatan nabi ). Beliau bersabda, "Obatilah segala penyakit kalian dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim kemudian terapilah dengan MADU, HABATUS SAUDA, ZAITUN." Dan yakinlah bahwa ALLAH lah yang menyembuhkan segala penyakit.

Hadits lain, Dalam Sunan Ibnu Majah, ada sebuah riwayat marfu’ yang datangnya dari Abu Hurairah: "Siapa saja minum tiga sendok madu dalam tiga pagi saja setiap bulan, maka ia tidak akan terserang penyakit berat".

Dalam riwayat hadits yang lain juga disebutkan: "Hendaklah kamu sekalian memanfaatkan 2 macam obat: Madu dan Al Quran" hadits dari shahih Bukhari dan Muslim.

Saya punya seorang sahabat yang diyakini oleh banyak orang sebagai dokter/tabib. Dia menggunakan cara-cara alami untuk menyembuhkan pasiennya. Dia sehat sekali. Ketika saya tanya apa tips sehatnya, ia menjawab minum madu setiap pagi dicampur dengan air sebelum kita berkumur-kumur. Saya coba tipsnya dan saya rasakan lebih sehat dari sebelumnya.

Manfaat Madu Untuk Menjaga Kesehatan

Baiklah akan saya sampaikan Manfaat Madu untuk Kesehatan sebagai berikut :
  1. Madu memiliki gizi tinggi sehingga dapat melembutkan system alami tubuh.
  2. Madu dapat Mengawetkan pasta atau makanan yang direndam dengan pasta.
  3. Madu dapat Menghilangkan rasa obat yang tidak enak.
  4. Madu dapat Membersihkan lever dan menjaga kesehatan lever
  5. Madu bisa membersihkan kotoran yang ada pada usus pembuluh darah dan yang lainnya.
  6. Madu dapat menetralisir tubuh yang lembab. Caranya bisa dengan dikonsumsi atau dioleskan.
  7. Madu bermanfaat bagi para lansia atau lanjut usia dan mereka yang memiliki keluhan pada dahak atau yang metabolismenya cenderung lembab dan dingin.
  8. Kalau madu diminum dicampur dengan air putih dapat berguna mengobati sakit akibat gigitan anjing gila (rabies) atau akibat keracunan jamur.
  9. Jika daging segar direndam ke dalam madu akan bisa menjadi awet selama 3 bulan.
  10. Jika Buah labu, mentimun, dan terong direndam dalam madu juga bisa awet dalam waktu 3 bulan.
  11. Madu dapat Memperlancar buang air kecil
  12. Madu sesuai untuk mengobati batuk berdahak
  13. Bila madu diminum dalam keadaan panas di campur dengan air tawar bisa bermanfaat untuk mengusir serangga dan pengaruh opium
  14. Buah-buahan yang direndam ke dalam madu dapat bertahan hingga enam bulan.
  15. Madu dapat juga digunakan sebagai balsem untuk mayat, sehingga bisa disebut pembalseman yang aman.
  16. Bila madu dioleskan ke rambut yang berkutu akan dapat membunuh kutu dan dapat Menghilangkan Ketombe.
  17. Madu bisa juga membuat rambut panjang, memperindah dan melembutkannya.
  18. Jika madu digunakan sebagai celak, akan dapat mempertajam pandangan mata.
  19. Madu berfungsi membuka simbul-simbul pembuluh darah dan membersihkan kotorannya.
  20. Madu juga baik untuk ginjal dan kandung kemih.
  21. Madu TIDAK BERBAHAYA bagi penderita kelainan lever dan limpa, seperti zat-zat gula pada umumnya.
  22. Untuk MENGHILANGKAN bahayanya sama sekali bisa di campur dengan CUKA BUAH dan sejenisnya, bahkan bisa berubah menjadi obat yang banyak manfaatnya.
  23. Jika madu digunakan untuk menyikat gigi dapat memutihkan dan Memutihkan Gigi.
  24. Madu dapat menjaga kesehatan gigi dan menyehatkan gigi.

Demikianlah beberapa manfaat madu untuk kesehatan. Semoga dengan info kesehatan kali ini akan memotivasi kita semua untuk menjaga kesehatan, di antaranya dengan mengonsumsi madu secara teratur untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit. Di posting yang akan datang akan saya berikan ulasan/tips untuk anda bagaimana mengetahui madu asli dan madu tidak asli. Semoga saya selalu sehat untuk selalu menulis artikel bermanfaat untuk anda. Amien.

Diambil dari satu sumber http://menjaga-bumi.blogspot.com/
loading...

Daftar Nama Latin Tanaman dan Tumbuhan

Kamis, 16 Agustus 2012 | comments (3)

Halo sobat semua, kali ini saya akan sampaikan informasi yang berkenaan dengan tumbuh-tumbuhan berikut nama latinnya. Hitung-hitung sebagai pengetahuan siapa tahu di antara anda ada yang memerlukannya untuk kepentigan pendidikan, riset, menulis karya ilmiyah dll. Kenapa di tulis di blog info sehat sich ? Karena selama ini kan saya selalu posting beberapa manfaat dari buah-buahan untuk kesehatan. Jadi sedikit ada korelasinya.

Daftar tanaman dan nama latinnya yang akan saya berikan pada anda ini saya peroleh dari blog sahabat kita. Ia baik sekali mau berbagi dengan kita semua. Kalau mau langsung menuju ke blognya silahkan lihat di http://alamendah.wordpress.com. Kita berdoa semoga pemilik blog berkenan dengan posting artikelnya di blog ini dan semoga dia dan keluarga akan semakin sukses.

Inilah daftar nama latin dari beberapa tanaman atau tumbuhan. Semuanya dapat anda temukan di Indonesia.

Pertama : Nama Tanaman Hias atau Bunga dan Nama Latin
  1.     Cempaka Kuning (Michelia champaka)
  2.     Cempaka Telor (Magnolia coco)
  3.     Edelweis Jawa (Anaphalis javanica)
  4.     Kenanga (Cananga odorata)
  5.     Melati Gambir (Jasminum pubescens)
  6.     Melati Putih (Jasminus sambac)
  7.     Nibung (Oncosperma tigillarium)
  8.     Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis)
  9.     Anggrek Hitam (Coelogyne pandurata)
  10.     Anggrek Tebu (Grammatophyllum speciosum)
  11.     Bunga Bangkai (Amorphpophallus titanium)
  12.     Cempaka Putih (Michelia alba)
   
Kedua : Nama Tumbuhan Obat dan Nama Latin
  1.     Mengkudu (Morinda citrifolia)
  2.     Sirih (Piper betle)
  3.     Zodia (Evodia suaveolens)
  4.     Ciplukan (Physalis angulata)
  5.     Gambir (Uncaria gambir)
Ketiga : Nama Tumbuhan Buah dan Nama Latin
  1.     Kasturi (Mangifera casturi)
  2.     Kawista (Limonia acidissima)
  3.     Kedoya (Dysoxylum gaudichaudianum)
  4.     Kemang (Mangifera kemanga)
  5.     Kelapa (Cocos nucifera)
  6.     Kepa (Syzygium polycephalum)
  7.     Kepel (Stelechocarpus burahol)
  8.     Kersen (Muntingia calabura)
  9.     Korma rawa (Phoenix paludosa)
  10.     Lontar (Borassus flabellifer)
  11.     Mangga (Mangifera indica)
  12.     Manggis (Garcinia mangostana)
  13.     Matoa (Pometia pinnata)
  14.     Menteng (Baccaurea racemosa)
  15.     Mundu (Garcinia dulcis)
  16.     Nam Nam (Cynometra cauliflora)
  17.     Nangka (Artocarpus heterophyllus)
  18.     Pisang (Musa paradisiaca)
  19.     Pepaya (Carica papaya)
  20.     Rambutan (Nephelium lappaceum)
  21.     Salak (Salacca zalacca)
  22.     Sawo Kecik (Manilkara kauki)
  23.     Sawo Manila (Manilkara zapota)
  24.     Durian atau Duren (Durio zibethinus)
  25.     Alpukat (Persea americana)
  26.     Apel (Pyrus malus)
  27.     Belimbing Manis (Averrhoa carambola)
  28.     Belimbing Wuluh (Averrhoa bilimbi)
  29.     Ceremai (Phyllanthus acidus)
  30.     Delima (Punica granatum)
  31.     Durian (Durio zibethinus)
  32.     Duwet (Syzygium cumini)
  33.     Gayam (Inocarpus fagiferus)
  34.     Jambu Air (Eugenia aquea)
  35.     Jeruk Manis (Citrus sinensis)
  36.     Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)
Keempat : Nama Tanaman Keras dan Nama Latin


  1.     Karet (Hevea braziliensis)
  2.     Kapuk Randu (Ceiba pentandra)
  3.     Kenari (Canarium ovatum)
  4.     Kendal (Cordia bantamensis)
  5.     Kepuh (Sterculia foetida)
  6.     Kokoleceran (Vatica bantamensis)
  7.     Limpasu (Baccaurea lanceolata)
  8.     Maja (Aegle marmelos)
  9.     Majegau (Dysoxylum densiflorum)
  10.     Nagasari (Palaquium rostratum)
  11.     Trembesi (Albizia saman Sin. Samanea saman)
  12.     Ajan Kelicung (Diospyros macrophylla)
  13.     Andalas (Morus macroura)
  14.     Baobab (Adansonia Digitata)
  15.     Bintaro (Cerbera manghas)
  16.     Eboni (Diospyros celebica)
  17.     Gaharu (Aquilaria moluccensis)
  18.     Gandaria (Bouea macrophylla)
  19.     Jati (Tectona grandis)

Kelima : Nama Tanaman Umbi dan Rimpang dan Nama Latin
  1.     Ganyong (Canna edulis)
  2.     Kedawung (Parkia roxburghii)
  3.     Lengkuas (Alpinia galanga)
  4.     Singkong (Manihot esculenta)
  5.     Ubi Jalar (Ipomoea batatas)
  6.     Jahe (Zingiber officinale)
  7.     Bengkuang (Pachyrhizus erosus)
  8.     Garut (Maranta arundinacea)

Keenam : Tumbuhan Rempah dan Nama Latin
  1.     Cabai Rawit (Capsicum frutescens)
  2.     Cengkeh (Syzygium aromaticum)
  3.     Kencur (Kaempferia galanga)
  4.     Lada (Piper nigrum)
  5.     Pala (Myristica fragrans)
  6.     Asam Jawa (Tamarindus indica)
  7.     Bawang Merah (Allium cepa)
  8.     Bawang Putih (Allium sativum)
  9.     Cabai (Capsicum annum)
Ketujuh : Tumbuhan Lainnya dan Nama Latin
  1.     Kacang Tanah (Arachis hypogaea)
  2.     Kentang (Solanum tuberosum)
  3.     Kesambi (Schleichera oleosa)
  4.     Padi (Oryza sativa)
  5.     Petai Cina (Leucaena leucocephala)
  6.     Terung (Solanum melongena)
  7.     Tuba (Derris elliptica)
  8.     Jagung (Zea mays)
  9.     Kacang Hijau (Vigna radiata)
  10.     Kacang Kapri (Pisum sativum)
  11.     Kacang Merah (Phaseolus vulgaris)
  12.     Kacang Panjang (Phaseolus vulgaris)

Demikianlah daftar nama tumbuh-tumbuhan yang sangat banyak kita temukan di Indonesia. Sebagian dari nama tumbuhan di atas saya sertakan link yang apabila anda klik akan mengarah pada posting saya sebelumnya yang berkenaan dengan nama tumbuhan tersebut sekalian dengan manfaatnya. Semoga akan bermanfaat untuk anda semua.
loading...

Beberapa Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan

Selasa, 14 Agustus 2012 | comments (7)

Buah alpukat adalah buah yang sangat terkenal di daerah tropis seperti Indonesia. Buah ini sangat nikmat jika dijadikan jus. Aromanya yang khas bila dijadikan jus mengundang selera untuk menelannya hingga habis di gelas. Saya sendiri pernah ( tidak sering ) beli di sebuah warung jus alpukat dan sangat nikmat diminum di tengah hari yang terik. Buah alpukat bisa anda dapatkan di super market dan pasar kaki lima atau di toko dan pasar buah.

Di balik rasa dan aromanya yang khas, mungkin anda tidak tahu manfaat buah alpukat untuk kesehatan. Buah alpukat memiliki beberapa manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Maka dari itu melalui artikel info sehat kali ini saya menyarankan anda untuk mengonsumsinya secara teratur untuk menjaga kesehatan anda. Agar anda semangat untuk selalu mengonsumsinya silahkan baca terus manfaat dari buah yang satu ini :

1. Buah Alpukat Sebagai Pencegah Stroke

Buah alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi sekali. Kandungan folat bermanfaat untuk mencegah serangan stroke. Dengan banyak mengonsumsi folat kemungkin terserang stroke akan lebih diminimalisir.

2. Buah Alpukat sebagai Sumber vitamin E

Di dalam Buah alpukat terkandung vitamin E yang cukup tinggi. Kita tahu bahwa vitamin E sangat penting untuk melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit dan juga dapat memelihara kesehatan secara keseluruhan. Di samping itu, kandungan vitamin E dalam buah alpukat sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Buah Alpukat sebagai Penyembuh Sakit Maag

Sedang terkena sakit maag ? Kalau tidak parah jangan beli obat dulu. Makan saja sari biji buah alpukat. Karena buah ini bisa mengoabati penyakit maag yang menyerang anda.

4. Buah Alpukat ada lemak nabati tinggi yang tak jenuh.

Lemak nabati pada buah alpukat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol darah (LDL). Artinya buah ini dapat mencegah penyakit jantung, penyakit stroke, Kanker atau darah tinggi. Di samping itu, adanya lemak tak jenuh pada alpukat juga mengandung zat anti jamur dan bakteri. Lemak tak jenuh pada alpukat juga tidak sulit dicerna tubuh sehingga bisa memberikan hasil maksimal pada tubuh.

5. Buah Alpukat Mengandung Zat besi dan tembaga
 
Di dalam buah alpukat terdapat zat besi dan tembaga. Zat besi dan tembaga sangat besar peranannya dalam membentuk sel darah merah. Maka makan buah alpukat secara teratur dapat mencegah terjadinya anemia.

Demikianlah info tentang manfaat buah bagi kesehatan untuk anda khususnya buah alpukat. Kembalilah ke cara-cara alami untuk mencegah dan mengobati segala penyakit. Karena cara alami relatif lebih aman dari pada obat-obatan yang banyak mengandung zat kimia. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.
loading...

Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

Kamis, 09 Agustus 2012 | comments (11)

Buah apel. Menyebut namanya saja langsung terbayang kelezatannya. Buah ini adalah salah satu dari berbagai macam buah yang sangat terkenal di Indonesia. Anda bisa mendapatkan buah apel di berbagai tempat seperti pasar, super market, mini market, pasar buah, toko buah dll. Tahukah anda bahwa berdasarkan penelitian dalam sebuah apel mempunyai banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Buah apel memiliki kandungan vitamin, mineral dan unsur lain seperti serat, fitokimian, baron, tanin, asam tartar, dan lain sebagainya. Dengan kandungan zat-zat tersebut dapat mencegah dan menanggulangi berbagai penyakit. Untuk itu sangat penting bagi anda ( saya juga ) untuk selalu mengonsumsi buah yang satu ini demi menjaga kesehatan kita.

Dalam kesempatan posting artikel kali ini saya akan paparkan beberapa manfaat buah apel bagi kesehatan :

1. Dapat Mengurangi berat badan

Bagi anda yang sedang melakukan diet sangat dianjurkan untuk makan buah apel. Karena buah apel bisa menunjang program diet anda. Sebuah study di Brazil menunjukkan bahwa wanita yang makan apel atau pir 3 buah sehari selama diet jauh lebih cepat menurunkan badan dari pada yang sama sekali tidak memasukkan apel dalam enu diet mereka. Di dalam buah apel terkandung serat yang sangat tinggi sehingga memperlambat rasa lapar.

2. Dapat Mencegah Asma

Dengan mengonsumsi apel secara rutin maka bisa mencegah penyakit asma atau sesak nafas. Sebuah study menunjukkan bahwa seorang anak yang rutin makan apel memiliki resiko terkena gangguan pernafasan jika dibandingkan dengan anak yang jarang makan apel. Peneltian lain menyebutkan bahwa seorang anak yang lahir dari seorang ibu yang suka makan apel pada saat hamil mempunyai resiko terkena asma lebih rendah dari pada seorang ibu yang tidak pernah makan apel.

3. Dapat Mencegah Al-zheimer

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Cornell menyebutkan bahwa adanya kandungan quercetin pada apel akan dapat membentengi otak dari radikal bebas yang berbahaya dan memicu penyakit Al-zheimer.

4. Dapat Mencegah Kanker Usus

Menurut sebuah penelitian, adanya kandungan pectin pada apel dapat menekan resiko terkena kanker pencernaan, serta juga membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Cegahlah kanker pencernaan atau kanker usus dengan rutin makan buah apel.

5. Dapat Melindungi Tulang

Dalam buah apel kaya dengan mineral. Mineral yang bersemayam dalam buah apel salah satunya adalah magnesium, kalsium, zinc, zat besi dan potasium. Mineral tersebut sangat baik untuk kesehatan tulang. Di samping itu apel memiliki kandungan yag disebut phloridzin. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk melindungi wanita pasca-monopause dari masalah osteoporosis. Juga dapat meningkatkan massa tulang. Kandungan lain dari apel adalah Boron, juga berfungsi untuk memperkuat tulang.

6. Dapat Mencegah Kanker Payudara

Cornell University melakukan penelitian pada seekor tikus. Ternyata tikus yang makan apel 1 kali sehari memiliki resiko kanker lebih rendah 17%. Sedangkan tikus yang makan 3 kali sehari mempunyai resiko kanker yang lebih rendah lagi yaitu 39%. Percobaan memang pada tikus. Tapi bisa juga diterapkan pada manusia dengan cara makan teratur buah apel untuk mencegah kanker payudara.

7. Dapat Mencegah Kanker Paru-Paru

Orang  yang makan apel dalam jumlah paling banyak mempunyai resiko jauh lebih rendah terserang kanker paru-paru 50%. Penelitian meliputi 10000 orang. Peneliti meyakini bahwa kandungan naringin flavonoid, dan quercetin yang besar peranannya dalam mencegah kanker paru-paru.

8. Dapat Menurunkan Kadar Kolestrol

Buah apel juga dapat Menurunkan Kadar Kolestrol jahat yang disebut LDL. Seseorang yang makan buah apel minimal dua kali kali sehari akan dapat menurunkan kadar kolesterol jahat mereka 16%.
Hal ini karena dalam buah apel terdapat kandungan serat yang bermanfaat mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh kemudian dibuang.

9. Dapat Mencegah Kanker Hati

Makan apel secara rutin sangat bermanfaat untuk mencegah kanker hati.

10. Dapat Membersihkan dan Menyegarkan Mulut

Dengan makan buah apel secara rutin maka bisa membuat mulut menjadi segar. Hal ini karena apel memiliki kandungan tanin. Tanin bermanfaat untuk menyegarkan mulut sehingga dapat mencegah terjadinya kerusakan gigi dan mencegah timbulnya penyakit gusi.

11. Dapat Mengontrol Diabetes

Apel juga bermanfaat untuk mengontrol penyakit diabetes. Karena kandungan pectin pada apel mensuplai galacturonic acid yang akan menurunkan kebutuhan tubuh untuk melepaskan hormon insulin. hormon insulin adalah merupakan salah satu hormon penyebab diabetes. Produksi insulin yang tinggi dapat memicu diabetes.

Beberapa manfaat makan buah apel telah saya paparkan untuk anda. Semoga dengan artikel ini anda dan saya bisa membiasakan diri menjaga kesehatan dengan makan apel secara rutin. Mencegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Tinggal pilih mau sakit dulu lalu berobat atau mencegah datangnya penyakit ? Semoga manfaat.
loading...

6 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Selasa, 07 Agustus 2012 | comments (4)

Buah yang lembut jika digigit, terasa segar kepala jika memakannya, yang masih  muda enak juga kalau dibikin rujak. Apa itu ? Itulah buah pepaya. Buah yang tumbuh di daerah tropis dan melihatnya sangat mengundang selera ini manfaatnya sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Sejak zaman dahulu buah pepaya telah digunanakan untuk berbagai hal terutama pengobatan dan merawat kecantikan para wanita. Salah satu manfaat yang terkandung di dalam buah pepaya adalah sebagai makanan diet, mencegah penyakit kanker dan juga membantu pertumbuhan rambut.

Penasaran apa saja manfaat buah yang satu ini ? Berikut saya akan tunjukkan pada anda tentang fungsi dari buah pepaya yang saya kutip dari beberapa sumber termasuk dari Times of India.


1. Bermanfaat untuk Penyembuhan Luka

Jika anda mengalami luka atau cedera, manfaatkan saja kulit pepaya. Kulitnya dapat membantu untuk menyembuhkan luka kulit dan cedera.

2. Bermanfaat untuk Diet

Pepaya adalah buah rendah kalori gizi tinggi. Makan buah pepaya dengan kandungan tersebut sangat baik bagi mereka yang sedang melakukan diet.

3. Bermanfaat untuk Kesehatan Rambut

Kulit kepala dan rambut yang sehat tentu adalah dambaan setiap orang seperti saya misalnya. Tidak usah beli bahan yang mahal-mahal untuk memiliki rambut yang sehat. Manfaatkan saja buah pepaya. Beli di pasar tentu tidak menguras uang di kantong. paling antara 10,000 hingga 15,000. Kalau di tempat saya bisa didapat dengan gratis. He he he. Menurut penelitian makan buah pepaya dengan teratut dapat membantu pertumbuhan rambut dan juga bisa mengendalikan munculnya di ketombe penyakit rambut banyak orang.

4. Bermanfaat Mengatasi Osteoporosis, arthritis, dan edema

Di dalam buah pepaya terkandung senyawa anti-inflamasi dan anti-kanker yang sangat banyak. Bagi anda yang mengalami edema, osteoporosis, dan arthritis disarankan untuk mengonsumsi buah pepaya secara teratur.

5. Bermanfaat untuk Mengatasi Sembelit dan Gangguan Pencernaan

Mungkin anda pernah mengalami yang namanya sembelit? Penyakit yang menurut saya sangat menyebalkan. Suda perut melilit mau keluar isinya ... eh..ketika berada di atas jamban tidak bisa dikeluarkan. Sebel dech. Kalau masih kecil dulu sampai nangis-nangis gara-gara penyakit yang satu ini. Padahal solusinya sangat mudah. Manfaatkan saja buah Pepaya. Buah pepaya terkenal sangat handal untuk mengatasi sembelit dan juga bisa membantu mengatasi terjadinya gangguan perncernaan.

6. Bermanfaat untuk Mengusir Racun Tubuh

Tahu nggak, bahwa apa yang kita makan setiap hari bisa menjadi racun bagi tubuh anda? Bahaya khan. Racun kok dimakan. Tapi jangan khawatir, karena ada solusi untuk dapat mengusir racun-racun tersebut. Tiada lain buah pepaya itu sendiri sebagai pengusir racun. Buah pepaya adalah merupakan bagian solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Mengonsumsi buah pepaya dalam jumlah yang cukup dapat menghalau bersemayamnya racun-racun di dalam tubuh.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang manfaat dari buah pepaya. Melihat manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan maka sebaiknya memanfaatkannya dengan baik. Semoga penjelasan di atas akan bermanfaat untuk anda.
loading...
 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger