Agen pulsa murah

Beberapa Makanan yang Mengandung Serat Tinggi

Sabtu, 25 Agustus 2012 | comments (2)

Agar aktivitas yang kita lakukan dalam keseharian bisa berjalan dengan baik maka manusia memerlukan asupan serat yang cukup agar proses pembuangan "sampah makanan" dari dalam tubuh lancar tidak ada satu hambatan. Banyak yang tidak menyadari atau mungkin tidak tahu bahaya dari kekurangan serat dalam makanan yang kita konsumsi. Bahaya yang bisa ditimbulkan adalah wasir.

Dampak dari wasir sering dianggap remeh dan dianggap tidak berbahaya. Kalau saya artikan wasir adalah sulitnya "proses pengeluaran" kotoran dari dalam tubuh kita. Mestinya, yang ideal, manusia membuang kotorannya adalah  satu kali dalam satu hari. Jika proses pembuangan tidak lancar tentu saja akan berdampak besar pada aktivitas kita sehari-hari.

Maka dari itu kita seharusnya mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi. Banyak sekali makanan yang mengandung serat. Mau tahu ? Silahkan simak keterangan sebagai berikut :

1. Oatmeal

Di dalam Oatmeal ada kandungan beta glucan yang merupakan tipe khusus serat yang memiliki efek menurunkan kolesterol yang sangat kuat, dan juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Oatmeal adalah merupakan campuran yang baik dari serat larut dan serat tidak larut. Apa itu serat larut dan serat tidak larut ? Serat larut adalah merupakan jenis serat yang menurunkan kolesterol darah. Dan serat tidak larut dapat membantu menjaga pencernaan agar bisa berjalan lancar.

2. Kacang hitam

Dalam satu cangkir kacang hitam ada kandungan serat  15 gram dan proteinsekitar 15 gram. Warna gelap dari kacang hitam menjadi pertanda adanya kandungan flavonoid yang tinggi. Kita tahu Flavonoid mempunyai kandungan antioksidan yang kuat. Apabila menambahkan kacang-kacangan dan makanan tinggi serat lainnya untuk diet sehari-hari, pastikan untuk minum lebih banyak air.

3. Kacang putih

Kacang putih adalah merupakan bagian dari sumber gizi yang paling baik dari kalium di samping juga kaya serat, protein, dan zat besi. Di dalam satu cangkir kacang putih terdapat 25 persen dari kebutuhan harian untuk nutrisi yang melawan terjadinya darah tinggi atau hipertensi.

4. Jagung

Jagung adalah makanan yang berbentuk biji-bijian. Jagung itu enak rasanya. Apalagi jagung muda. Lebih enak lagi kalau dibakar. Hmmm, harum aromanya mengundang selera untuk memakannya. Yang saya alami jika saya makan jagung maka mengeluarkan "sesuatu" dari belakang menjadi lancar seakan tanpa hambatan. Usut punya usut ternyata jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Menurut ahli kesehatan, dalam separuh cangkir biji jagung terdapat kandungan serat seberat 2 gram. Kalau orang Madura seperti saya sudah bukan hal yang asing lagi memasak nasi dicampur dengan jagung. Rasanya sangat nikmat apalagi kalau diberi kuah bening.

5. Kacang merah

Kadungan serat yang tinggi terdapay juga pada kacang merah di samping kandungan protein, dan zat besi.


6. Pasta gandum

Termasuk makanan yang kaya akan serat adalah Pasta gandum.

7. Buncis

Jika anda mencari makanan yang mengandung serat konsumsilah buncis. Buncis memiliki kandungan serat dan juga kandungan antioksidan.

8. Beras merah

Dalam satu cangkir beras merah terdapat kandungan serat sebanyak 3,5 gram. Sebuah penelitian di Harvard ditemukan bahwa makan lebih dari lima porsi nasi putih dalam satu minggu mempertinggi resiko diabetes tipe 2 sebesar 17 persen. Berbeda dengan beras merah. Dengan menambahkan beberapa porsi beras merah per minggu dapat meminimalisir atau menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 11 persen.

9. Buah Pir

Buah pir adalah merupakan sumber gizi dan serat yang tinggi. Terdapat kandungan serat sekitar 5,5 gram di dalam sebuah pir dengan ukuran sedang

10. Raspberi

Rasberi mengandung serat yang tinggi dan bergizi tinggi pula. Dalam sekitar satu cangkir terdapat sekitar sepertiga dari kebutuhan serat harian. Di samping itu, rasberi juga merupakan antioksidan yang kuat.

11. Buah Alpukat

Manfaat buah alpukat untuk kesehatan telah saya paparkan pada artikel sebelumnya. Silahkan anda baca baca lagi ya. Ternyata alpukat adalah merupakan salah satu sumber serat tinggi. Dalam 2 sendok alpukat terkandung sekitar 2 gram serat dan buahnya mengandung serat sekitar 10 gram. Buaha alpukat juga merupakan sumber yang sangat baik dari lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

12. Roti gandum

Memasukkan roti gandum dalam diet sehari-hari adalah pilihan diet yang cerdas karena Gandum dapat mempertahankan unsur-unsur gizi dan kaya serat.

13. Brokoli

Brokoli dikenal dalam dunia kesehatan sebagai pencegah kanker. Akan tetapi, di samping dapat mencegah kanker, di dalam sayuran brokoli juga terdapat kandungan serat. Dalam secangkir brokoli rebus akan ditemukan sekitar 5,1 gram serat.

14. Kacang polong

Kacang polong adalah merupakan sumber serat yang tinggi di samping lezat, serbaguna, dan murah. Di dalam satu cangkir kacang polong terdapat kandungan serat sekitar 16,3 gram. Dan di dalam satu cangkir kacang polong beku terdapat kandungan serat sekitar 8,8 gram setelah dimasak.

15. Kacang almond

Almond adalah merupakan sumber serat yang sangat baik, sumber lemak sehat, dan juga sumber protein. Sama dengan kacang-kacangan yang lain. Akan tetapi jumlah kalori almond cukup tinggi. Jadi anda tidak boleh terlalu banyak makan kacang almond karena kandungan kalori yang tinggi tadi. Jumlah yang disarankan adalah sekitar seperempat cangkir. Dalam Seperempat cangkir ada kandungan serat sekitar 3 gram dan kandungan kalori sekitar 170 kalori.

16. Buah Apel

Dalam sebuah apel dengan ukuran sedang terdapat kandungan serat sekitar 4,4 gram. Tapi jika anda konsumsi dengan kulitnya. Jadi jika makan apel hendaknya makan dengan kulitnya. Karena, jika anda membuang kulitnya maka seratnya akan hilang dan juga sejumlah phytochemical yang bermanfaat akan lenyap. Manfaat mengkonsumsi buah apel silahkan baca di sini.

Demikianlah beberapa makanan yang banyak mengandung serat dan sangat baik untuk kesehatan kita. Semoga artikel berupa tips-tips kesehatan kali ini akan bermanfaat untuk anda dan khususnya juga untuk saya.
loading...
Share this article :

+ comments + 2 comments

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk Saling Berdiskusi seputar kesehatan. Teman yang lain juga bisa menjawab pertanyaan dari teman teman kita di sini

 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger