Sumber Vitamin C yang Baik Bukan Hanya Buah Jeruk

Selasa, 23 Oktober 2012 | comments (7)

Apa Sumber Vitamin C yang Baik Selain Dari Buah Jeruk ? Adakah Sumber Vitamin C yang Baik Selain Buah Jeruk ? Yang jelas ada. Selama ini kita hanya berpikir bahwa sumber vitamin C hanya jeruk, jeruk dan jeruk. Padahal masih banyak loh sumber vitamin C yang bisa kita dapatkan dari selain buah jeruk.

Sebagaimana kita tahu bahwa, tubuh memerlukan vitamin C yang cukup. Hal ini berguna dan bermanfaat untuk meningkatan sistem imun tubuh. vitamin C yang cukup dapat kita peroleh dari berbagai sumber makanan yang alami. Ingat yang alami ya. Buat apa beli vitamin C di pasaran jika masih banyak sumber vitamin C alami yang relatif lebih aman dan berdampak baik bagi kesehatan.

Memang, salah satu sumber vitamin C adalah buah jeruk. Jeruk diketahui adalah sebagai sumber vitamin yang paling baik. Menurut ahli kesehata, terdapat kandungan vitamin C 82,7 gram di dalam satu buah jeruk. Buah jeruk memang menjadi sumber yang paling baik untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C.

Manfaat dan Fungsi vitamin C untuk tubuh tentu anda sudah tahu. Vitamin C bisa menjadi zat antioksidan untuk tubuh dan bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh. National Institute of Health sangat menyarankan, bahwa kebutuhan vitamin C untuk pria dewasa yang berusia 19 tahun ke atas sebanyak 90 mg/hari, sedangkan untuk wanita dewasa memerlukan vitamin tersebut sebanyak 75mg/hari.

Sebagian orang beranggapan bahwa vitamin C hanya bersumber dari buah jeruk. Sebenarnya tidak demikian. Memang manfaat buah jeruk seperti jeruk nipis sangat besar dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Tapi tidak hanya buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sangat banyak jenis buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi. Di bawah ini saya akan jelaskan pada anda beberapa jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C :

1. Brokoli

Tahu kan Brokoli ? Dalam tiap 148 gr brokoli terdapat kandungan vitamin C sebesar 132 mg

2. Kubis

Jika anda suka sayuran dalam setiap makanan yang anda santap pasti tidak akan meninggalkan menu kubis. Terdapat vitamin C sebesar 160,8 mg di dalam 2 cangkir kubis. Bahkan kubis juga memiliki kandungan serat, fitronutrien dan vitamin A, C, K yang cukup tinggi.

3. Pepaya
Manfaat buah pepaya tidak bisa dipungkiri lagi. Terutama kandungan vitamin C di dalamnya. Di dalam buah pepaya dengan ukuran 157 gram ( Cukup kecil khan ) memiliki kandungan vitamin C sekitar 95,6 mg. Lalu dalam satu cangkir pepaya yang telah dihaluskan terdapat kandungan vitamin C sekitar 140 mg. Jangan lupa bahwa buah pepaya juga merupakan sumber kandungan vitamin yang tinggi, banyak serat dan folat. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan bisa anda baca pada artikel sebelumnya di sini. Silahkan dicari-cari lagi ya di bagian kategori pada blog ini.

4. Paprika merah

Terdapat kandungan vitamin C sebesar 190,3 mg dalam Paprika merah yang diiris dalam satu cangkir. Lalu paprika hijau memiliki kandungan vitamin C sebesar 119,8 mg.

5. Stroberi

Buah yang satu ini cukup menarik dan memikat untuk dicicipi. Tapi jujur saya akui, saya pernah makan stroberi rasanya kecut banget. Jangan lupa dalam buah stroberi dengan berat 147 gram mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg. Banyak khan ?

6. Kembang kol

Yang ini lagi sumber vitamin C banget. Kembang Kol. Terdapat kandungan vitamin C sebanyak 127,7 mg. dalam kembang kol ukuran kecil dengan garis tengah atau diameter 4 inchi.

7. Kiwi

Makanlah buah kiwi karena ia juga kaya akan vitamin C. Lihat saja. Dalam satu porsi buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sekitar 137,2mg.

8. Blewah

Pasti anda tahu Blewah khan? Sangat nikmat tuh kalau dimakan saat buka puasa. Owwww segernya. Blewah memiliki kesamaan dengan ubi jalar, vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak sebanyak jeruk. Akan tetapi terdapat kandungan vitamin C sebanyak 49,2 mg di dalam satu porsi blewah.

9. Ubi jalar

Pernah makan Ubi Jalar ? Tidak apa-apa kok. Malah sehat dan bervitamin terutama vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam ubi jalar berbeda dengan kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Tetapi, ubi jalar dapat menjadi alternatif lain sebab satu ubi jalar ukuran besar mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 35,3 mg. Jadi nggak apa-apa anda doyan makan ubi jalar. Saya juga suka. He he he

10. Mini kol atau brussels sprouts


Ini lagi sumber vitamin C yang harus anda tahu. Yaitu Mini kol atau brussels sprouts. Di dalam Brussel Spourts terdapat Kandungan vitamin C  sebanyak 48,4 mg. Di samping itu sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A, magnesium, serat dan zat besi.

Wooow, ternyata sumber vitamin C sangat banyak dan bisa kita temukan dengan mudah. Nggak percaya ? Pergi saja ke pasar besok. Pasti anda akan menemukan buah stroberi, pepaya, kubis, brokoli dll. Anda bisa beli semuanya. Tapi ingat ! Jangan karena ingin memperbanyak asupan vitamin C di dalam tubuh anda, lantas semuanya dimakan. Malah berakibat tidak sehat. jangan lupa makan seimbang ya nggak. Semoga artikel di atas akan bermanfaat untuk anda. Salam sehat.
loading...
Share this article :

+ comments + 7 comments

29 Oktober 2012 04.16

ternyata banyak juga yah manfaat buah dan sayur yang kita makan sehari2 itu

Terima kasih capjikia Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
4 November 2012 22.38

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Terima kasih dimdroid Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
12 Desember 2012 17.03

saya suka stroberi dan kembang kol. kalo gitu banyak minum jus stroberi ah hehe

Terima kasih idah Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
Diana Bakkara
5 Maret 2013 22.34

Sebagai info tambahan.... ada buah kecil merah yang paling banyak kandungan vitamin C nya. Yang pertama buah Cerpelai (mungkin jarang ditemukan dan tidak ada di Indonesia) dan yang kedua buah ceri.... Silahkan mencoba... :)

Terima kasih Diana Bakkara Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
6 Januari 2014 13.52

thank's infonya. sangat bermanfaat.

www.kiostiket.com

Terima kasih januar surya Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
23 Maret 2014 07.11

ijin nyimak yaa. thanks buat infonya, bermanfaat bgt.

Terima kasih uwah Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk Saling Berdiskusi seputar kesehatan. Teman yang lain juga bisa menjawab pertanyaan dari teman teman kita di sini

 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger