Agen pulsa murah

Berkedip Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Mata

Sabtu, 21 Juli 2012 | comments (5)

Bagi saya rahasia kedipan mata termasuk ilmu yang baru. Informasi kesehatan tentang manfaat berkedip bagi kesehatan mata ini saya dapatkan dari blog sahabat kita Info Manfaat. Silahkan anda berkunjung ke sana jika memiliki kesempatan. Ya, mata berkedip. Pernah kan mengalami dan melakukannya ? Mungkin selama ini anda tidak pernah memperhatikan bahwa berkedip itu ada manfaatnya. Makanya berkedipnya di sembarang tempat. Misalnya ketika ada yang bening-bening sedang lewat. He he he. Awas ! Puasa puasa gini nanti batal loh pahala puasanya.

Salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital adalah mata. Peran mata sangat besar sekali bagi kehidupan manusia. Tanpa mata, secara logika, tidak akan tercipta listrik, mobil, motor, dan alat tehnologi yang lain. Tetapi begitu besarnya peran mata, kita mungkin selama ini tidak mengetahui bahkan menganggap remeh dari kerja berkedip dari mata. Padahal itulah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar supaya fungsinya bisa terus berjalan.

Sekarang, apakah anda pernah menghitung berapa kali mata anda melakukan aktivitas berkedip dalam sehari? Jangan hitung ya. Karena nanti hidup anda terbuang hanya untuk menghitung kedipan mata. Tapi untuk penelitian silahkan aja. He he he.

Setiap orang memiliki tingkat frekuensi berbeda-beda. Ada orang yang tingkat frekuensi berkedipnya lama dan ada pula yang tingkat frekuensi berkedipnya cepat. Faktornya ? Faktor usia merupakan penyebab utama yang dapat mempengaruhi jumlah kedipan yang dilakukan oleh seseorang. Dalam sehari mata manusia bisa berkedip hingga 15.000 kali. Ini adalah angka perkiraan jumlah bagi mereka yang berumur dewasa dan masih mempunyai kesehatan mata yang normal. Suatu jumlah yang mungkin tidak anda sadari sebagai cara mata untuk memelihara fungsi kerja mata.

Berbeda dengan bayi. Di dalam mata seorang bayi masih tersedia selaput lendir mata yang sangat banyak. Maka tingkat frekuensi kedipan mata bayi lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang sudah lanjut usia. Orang yang sudah lanjut usia memiliki sedikit selaput lendir pada matanya.  Di samping itu, faktor pemicu psikologis lainnya juga mempengaruhi jumlah kedipan pada mata. Contoh orang yang sedang malu, marah, gugup, emosi, atau sedang melihat sesuatu yang menarik hati ( yang bening-bening misalnya he ha ho. Maka jumlah kedipan mata yang dilakukan akan berbeda-beda.

Jadi, inti dari semua itu adalah jika anda mengetahui manfaat dari aktivitas kedipan mata, maka anda akan sadar alangkah besar nikmat yang diberikan oleh Allah Swt pada manusia dari hanya satu aktivitas sederhana, yakni mata berkedip. Dalam kesempatan ini akan saya paparkan manfaat berkedip yang dilakukan oleh mata anda. Silahka simak dengan baik sebagai berikut :

Menjaga Kelembaban

Untuk menjaga kelembaban maka mata melakukan aktivitas berkedip. Caranya adalah dengan membasahkan mata dengan air mata pada permukaan bola mata terutama pada bagian kornea. Bagian pada kornea akan mudah mengalami iritasi jika berada pada kondisi kering.

Kedipan mata Memiliki Banyak Arti

Apa arti kedipan mata ? Mata yang berkedip adalah suatu bentuk anggapan atau respon pada suatu hal atau peristiwa yang sedang terjadi. Kedipan mata adalah bahasa tubuh yang mempunyai beberapa makna dan tanda. Terlalu banyak mata berkedip merupakan pertanda bahwa seseorang sedang menyembunyikan kebohongan, sikap grogi, dan lain-lain. Berhati-hatilah dengan orang yang sering mengedipkan matanya. Siapa tahu tersimpan di balik kedipan matanya sebuah kebohongan dan hal negatif yang lain.

Mencegah Benda Asing Masuk   

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari pasti anda akan selalu berbenturan dengan yang namanya kotoran, debu atau bahkan hewan kecil yang masuk ke dalam mata anda. Dengan berkedip mata akan mencegah masuknya berbagai benda asing yang akan mengganggu kesehatan mata. Karena dengan kedipan mata anda segala bentuk benda asing akan mudah terdeteksi secara refleks. Namun keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip. Orang dengan bulu mata sedikit atau pendek, lebih cenderung mudah terkontaminasi oleh terpaan kotoran atau debu. Sedang orang dengan bulu mata panjang biasanya akan lebih membantu memberikan perlindungann pada mata.

Bernilai Estetika pada wajah dan penampilan Kamu

Jangan sampai anda tidak tahu. Mata berkedip memiliki pengaruh estetika yang tinggi pada wajah dan penampilan anda. Karena mata berkedilah maka wajah dan penampilan anda kelihatan tampan, gagah dan penuh wibawa. Coba anda bayangkan jika mata anda sama sekali tidak berkedip. Anda bisa jadi sosok tanpa ekspresi yang sangat mengerikan.

Sekian saja ya. Semoga beberapa manfaat berkedip pada mata yang telah saya paparkan di atas akan semakin membuat anda sadar ( saya juga ) bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata dapat ditempuh dengan cara makan makanan yang mengandung sumber vitamin yang mendukung seperti vitamin A. Serta juga tidak melakukan kegiatan yang dapat menjadi pemicu bagi kerusakan mata. Baca Tips Menjaga Kesehatan Mata yang telah saya tulis sebelumnya. Jangan lupa juga berkediplah karena berkedip itu sangat bermanfaat sekali pada kesehatan mata.
loading...
Share this article :

+ comments + 5 comments

22 Juli 2012 pukul 21.08

Jadi teringat sama teman saya waktu kecil, namanya Teddy (bukan sebenarnya). Si Teddy ini kalau sedang bicara matanya tak henti berkedip.. belakangan saya baru tahu kalau si Teddy mengidap penyakit cacingan.. By the way, untuk kesekian kalinya kami sampaikan terimakasih banyak kepada admin Info Sehat atas kontribusinya di blog Direktori Indonesia

Terima kasih Freelancer Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
3 Agustus 2012 pukul 23.36

Saya suka pada kata-kata "Kedipan mata Memiliki Banyak Arti" Sob...terima kasih sudah berbagi informasi tentang - Berkedip Memberikan Manfaat Bagi Kesehatan Mata...Salam Blogger

Terima kasih JK Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
7 Agustus 2012 pukul 08.30

Selamat ya mas, semoga postingan "Berkedip Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Mata" tetap bertahan di peringkat teratas mbah Google dengan kata kunci "manfaat mata berkedip untuk kesehatan mata" dan turunannya.. Good luck..

Terima kasih Freelancer Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
9 Mei 2015 pukul 00.06

Saya pikir berkedip hanya hal yang biasa..ternyata banyak manfaatnya...
Trima kasih artikelnya

Terima kasih sholihin Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
17 Juni 2015 pukul 21.14

makasih infonya

Terima kasih janet Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk Saling Berdiskusi seputar kesehatan. Teman yang lain juga bisa menjawab pertanyaan dari teman teman kita di sini

 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger