Agen pulsa murah

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Senin, 11 Juni 2012 | comments (7)

Menjaga kesehatan sangatlah penting. Kesehatan adalah tambang emas yang sangat berharga dan karena kesehatan itulah maka kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan nyaman, nikmat dan penuh semangat. Salah satu kesehatan yang harus kita jaga adalah kesehatan mata. Mata adalah organ tubuh dan merupakan salah panca indera terpenting. Dengan mata maka orang bisa melihat keindahan alam semesta. Maka menjaga mata agar tetap sehat tidak boleh tidak harus dijadikan pekerjaan utama agar segala aktivitas yang kita kerjakan berjalan dengan lancar.

Akan tetapi, fakta yang terjadi di lapangan kehidupan masih banyak yang belum memperhatikan kesehatan mata. Seakan dinggap remeh. Kenapa bisa terjadi kita kurang memperhatikannya ? Hal tersebut terjadi karena mata yang tidak sehat tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak mengganggu aktivitas kerja kita. Maka dari itu mata yang bermasalah tidak begitu kita perhatikan. Padahal mungkin saja kesehatan mata sedang bermasalah. Problem kesehatan mata bisa disebabkan oleh adanya infeksi, adanya radiasi sinar matahari, pola hidup tidak sehat, faktor radiasi komputer dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan posting artikel tentang kesehatan kali ini saya akan paparkan untuk anda beberapa problem yang bisa terjadi mata kita. Di antaranya adalah sebagai berikut :

Pertama : Penyakit Rabun

Karena faktor tertentu seseorang bisa terkena penyakit rabun pada matanya. Rabun disebut juga kelainan refraksi. Rabun atau kelainan refraksi disebabkan oleh karena adanya gangguan mata saat pada bayangan benda yang dilihat. Rabun banyak jenis dan macamnya.

a. Jenis Rabun jauh (myopia)

Rabun ini disebut juga mata minus. Artinya adalah suatu keadaan dimana mata tidak mampu melihat benda dalam jarak jauh.

b. Jenis Rabun dekat (hipermetropia)

Hipermetropia/Rabun dekat disebut juga dengan mata plus. Mata plus artinya suatu keadaan dimana mata tidak mampu melihat suatu benda dengan jelas dalam jarak dekat.

Kedua : :Penyakit Konjungtivitis

Problem mata yang kedua adalah Konjungtivitis. Konjungtivitis adalah merupakan infeksi mata yang dapat menyebar ke kornea dan mengakibatkan menurunnya ketajaman mata. Sebab infeksi mata adalah bisa karena virus, bakteri, atau karena kena alergi. Tanda-tanda infeksi mata adalah mata berair, Mata gatal dan mata merah.
Ketiga : Penyakit Mata tua (presbiopia)

Mata tua adalah penuaan lensa pada mata sehingga mengakibatkan mata sulit untuk melakukan akomodasi. Penderita mata tua tidak bisa melihat suatu benda yang terlalu jauh atau terlalu dekat secara jelas. Mata tua adalah merupakan suatu keadaan fisiologis yang terjadi seiring dengan pertambahan usia.

Keempat : Penyakit Katarak

Penyakit Katarak adalah gangguan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput. Maka penglihatan mata akan kabur. Adapun Penyebab katarak antara lain disebabkan oleh penyakit diabetes, darah tinggi, paparan sinar matahari yang terlalu lama, dan juga karena faktor lanjut usia.

Kelima : Penyakit Silindris

Penyakit Astigmatisma atau Silindris adalah kelainan mata. Faktor penyebabnya adalah karena permukaan kornea yang tidak bulat sempurna, sehingga mata tidak dapat fokus secara jelas.

Keenam : Penyakit Glaukoma

Penyakit Glaukoma adalah merupakan gangguan pada mata, gejalanya tidak langsung. Tapi secara bertahap akan membuat pandangan menjadi kabur bahkan bisa mengakibatkan seseorang yang terkena menjadi buta. Adapun Penyebab penyakit glaukoma diantaranya adalah terhambatnya saluran cairan dari bola mata, sehingga bola mata akan membesar dan menekan syaraf mata yang berada di belakang bola mata. Penyebab lainnya adalah adanya tekanan pada bola mata.

Ketujuh : Mata kering (Dry Eye)

Penyakit Mata kering adalah suatu kondisi dimana mata tidak dapat memproduksi air mata yang cukup. Air mata sangat dibutuhkan untuk membasahi permukaan mata, menghilangkan debu dan kotoran, menjaga kelembapan mata serta menjaga mata dari serangan bakteri dan infeksi lainnya.

Dengan banyak jenis gangguan pada mata maka kita harus menjaganya dengan baik. Berikut juga saya sampaikan beberapa tips atau upaya-upaya yang bisa kita lakukan untuk menjaga mata kita, di antaranya adalah :

Kesatu, Lalukan Senam Mata

Bagaimana melakukan senam mata ? O gampang. Caranya adalah dengan menggerakkan bola mata dengan perlahan-lahan ke atas, bawah, kanan dan kiri. Tujuannya adalah untuk melatih otot penggerak mata dan menjaga bentuk bola mata. Fokuskan pandangan ke jarak jauh dan dekat secara bergantian. Gerakan ini untuk mengukur kemampuan fokus mata.

Kedua : Makan makanan yang bermanfaat untuk mata seperti makanan yang  mengandung vitamin A, vitamin C serta mengandung antioksidan sehingga akan membantu mencegah dari berbagai penyakit. Beberapa makanan yang baik pada mata adalah alpukat, wortel, tomat, brokoli, bayam, bawang putih, telur, dan lai sebagainya.

Ketiga :  Jagalah posisi membaca dengan benar


Keempat : Jagalah jarak saat membaca


Kelima : Gunakan penerangan yang baik


Keenam :  Gunakan pelindung mata saat melakukan kegiatan yang dapat mengganggu mata.


Ketujuh : Istirahatlah yang cukup

Oke itu saja sobat beberapa Tips Menjaga Kesehatan Mata. Ingat "melihat" emas berharga yang sangat penting. Karena dengan mata inilah saya dan anda bisa membaca artikel, bisa blogging, bisa internetan dan banyak bisa yang lain. Untuk mari jaga mata dengan baik dengan mencoba melakukan beberapa tisp di atas. Dari saya semoga Tips Menjaga Kesehatan Mata akan bermanfaat untuk anda.

Sumber Asli Artikel : Klik Di Sini
loading...
Share this article :

+ comments + 7 comments

13 Juni 2012 pukul 00.51

Biarpun tulisan ini bukan karya asli, tapi anda sudah memposting ulang sebuah artikel dengan benar dan beretika.. Terimakasih untuk kontribusinya ya mas admin. Salam sukses..

Terima kasih Direktori Indonesia Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
28 Juli 2012 pukul 00.07

Infonay sangat bermanfaat, terima kasih. Mata merupakan jendela dunia kita, harus kita jaga

Terima kasih tiyangatmojo Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
30 September 2012 pukul 21.43

Terimakasaih banyak atas tipsnya, sangat bermanfaat

Terima kasih Obat untuk penyakit kanker darah Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
30 September 2012 pukul 21.46

Saya akan coba tipsnya terimakasih banyak

Terima kasih Cara Pemesanan Jelly Gamat Luxor Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
13 November 2012 pukul 21.33

trims infonya ya. sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Terima kasih Obat Kesehatan Mata Herbal Alami Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
9 Maret 2015 pukul 20.50

Info yang sangat - sangat bermanfaat , Saya akan coba tipsnya terimakasih banyak
sukses selalu ya Min :)

Terima kasih jagakesehatan.com Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin

Posting Komentar

Silahkan berkomentar untuk Saling Berdiskusi seputar kesehatan. Teman yang lain juga bisa menjawab pertanyaan dari teman teman kita di sini

 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger