Obat Batuk Tradisional dan Modern

Sabtu, 29 September 2012 | comments (4)

Jika anda adalah manusia :) pasti pernah mengalami batuk. Batuk ada yang batuk kering dan ada batuk basah ( berlendir maksudnya ). Sebenarnya batuk adalah sebuah sistem untuk menjadikan tenggorokan bersih dari bahan-bahan yang akan mengakibatkan iritasi seperti debu, lendir, asap juga benda asing lainnya.

Batuk basah atau disebut juga batuk produktif ada manfaatnya. Ia bermanfaat untuk mengeluarkan lendir sehingga akan lebih baik tidak menghilangkan batuk berlendir sama sekali. Tapi jika batuk berlebihan makan akan sangat menggganggu aktivitas bahkan membuat kita susah bernafas.

Jika batuk anda berlebihan maka sudah waktunya untuk mencari solusi bagaimana cara mengobatinya. Obat batuk banyak macamnya, ada yang tradisional dan ada yang modern. Baik Obat batuk yang tradisional ataupun modern sama-sama bisa mengatasi batuk dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Tips Mengurangi dan Meringankan Batuk tanpa obat

Pertama, Hendaknya minum air yang banyak dan buat agar tubuh terhidrasi dengan baik

Kedua, Khusus batuk kering, pada saat tidur atau tiduran sebaiknya tambahkan bantal supaya posisi kepala lebih tinggi.

Ketiga, Stop merokok karena asap dari rokok mengandung bahan iritan yang memperparah batuk

Keempat, Jauhilah bahan-bahan yang mengiritasi saluran pernafasan seperti debu, asap dan bau-bauan menyengat. Jika sulit dihindari misalnya pekerja pabrik atau pengendara sepeda motor maka gunakan masker.

Obat modern untuk mengobati batuk

Dalam membeli obat batuk jangan asal pilih. Mestinya dalam memilih obat hendaknya memilih yang mempunyai fungsi khusus sesuai dengan jenis batuknya. Jika batuk kering pilihlah jenis supresan dan untuk batuk berdahak pilihlah jenis ekspektoran. Untuk mengetahui yang ekspektoran dan supresan lihatlah labelnya.

Obat Batuk Ekspektoran

Obat ini cocok untuk batuk yang produktif sebab Ekspektoran memiliki kemampuan untuk membuat dahak menjadi encer sehingga akan mudah dikeluarkan. Perbanyak minum agar dahak akan lebih encer.

Supresan

Obat batuk ini cocok untuk batuk kering dengan cara menekan reflek batuk. Bahan yang paling sering ditemui dalam obat batuk supresan yaitu dekstrometophan. Ingat, Obat batuk jenis ini menekan sistem syaraf pusat sehingga bisa mengakibatkan kantuk, jangan sampai mengendarai kendaraan.

Obat tradisional Untuk Mengatasi Batuk

Jeruk Nipis

Orang tua kita dulu menganjurkan untuk memanfaatkan jeruk nipis untuk mengobati batuk, baik batuk kering atau batuk berdahak. Belahlah keruk nipis menjadi dua kemudian hisaplah. Jika anda tidak suka asam bisa dicampur dengan madu atau kecap manis. Jeruk nipis memang bermanfaat.

Daun sirih.

Manfaat daun sirih memang sangat luar biasa untuk mengobati segala macam penyakit. Anda bisa baca kembali pada artikel sebelumnya. Termasuk manfaat daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati batuk. Silahkan anda rebus dan minumlah secara teratur.

Daun Asam muda

Silahkan ambil Segenggam daun Asam yang masih muda dan dicampur daun saga manis dan kayu manis. Silahkan tambahkan madu atau gula sebagai penambah rasa.

Demikianlah posting saya tentang Obat Batuk Tradisional dan Modern. Tapi pilihan tetap ada di tangan anda. Apakah mau menggunakan obat batuk modern atau obat batuk tradisional. Batuk memang tidak berbahaya. Akan tetapi  jika batuk bercampur dengan darah, batuk yang disertai dengan kesulitan bernafas, demam dan sakit dada, dan batuk yang perkembangannya sangat cepat menjadi lebih berat dan lebih sering sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Salam sehat dan semoga sukses.

Manfaat Buah Pir

Kamis, 20 September 2012 | comments (1)

Saya belum pernah merasakan makan buah yang satu ini. Buah Pir. Kata sebagian teman buah pir itu rasanya manis. Sekarang banyak orang makan buah pir. Selain rasanya manis ternyata buah ini baik untuk kesehatan. Adapun bentuk dari buah pir adalah hampir sama seperti buah lemon tapi lebih besar dan tidak melebihi ukuran buah melon. Saya sendiri sering melihatnya tapi belum pernah beli. Pernah sekali dapat hasil kondangan maulidan tetangga setelah sampai di rumah anak-anak menyerbu dan kemudian memakannya. Saya sendiri melihat barangnya tidak berselera untuk makan.

Padahal, di samping rasanya manis, ternyata buah pir sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti pada beberapa posting artikel sebelumnya tentang manfaat buah, demikian juga buah pir memiliki beberapa manfaat besar bagi kesehatan. Untuk sangat tidak salah jika anda setiap mengkonsumsi buah pir untuk menjaga kesehatan. Baiklah, penjelasan berikut adalah tentang manfaat makan buah pir.

1. Buah Pir Bermanfaat Sebagai asupan vitamin

Jika anda kekurangan vitamin C, maka buah pir adalah sumber vitamin C yang baik. Dengan makan satu buah pir saja setiap hari maka dapat memenuhi 17 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C. Seperti yang kita tahu, vitamin C terkenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, dari mulai pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzemik, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, lalu pemacu imunitas. Di samping itu, untuk penyembuhan luka dan meningkatan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal maka vitamin C sangat diperlukan.

Tidak hanya itu, buah pir memiliki kandungan vitamin K. Kandungan vitamin K pada buah pir cukup baik. Anda makan satu buah pir dapat memenuhi 15 persen kebutuhan tubuh anda akan vitamin K dalam setiap hari. Kita tahu, Vitamin K sangat bermanfaat untuk membantu proses pembekuan darah. Juga Vitamin K memiliki potensi untuk mencegah penyakit yang serius, misalnya penyakit stroke dan jantung, karena efeknya yang dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor timbunan plak kalsium.

2. Buah Pir dapat Mengurangi Resiko terkena Kanker

Buah pir sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Buah pir tidak hanya memiliki kandungan gisi yang tinggi, buah pir juga memiliki kandungan senyawa-senyawa yang esensial bagi tubuh. Di antara kadungan buah pir adalah asam klorogenat (chlorogenic acid). Asam klorogenat (chlorogenic acid) adalah merupakan salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat (hydroxy cinnamic acid). Asam hidroksi sinamat ini sangat besar peranannya sebagai antioksidan yang dapat menghambat pembentukan sel kanker.


Dalam sebuah hasil penelitian menunjukan bahwa asam tersebut juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, yang menjadi faktor penyebab terjadinya penyakit pada saluran pencernaan. Bahkan asam hidroksi sinamat dapat juga mencegah terjadinya kanker kolon. Kenapa ? Kemampuan tersebut dimiliki karena asam itu dapat mengikat nitrat di dalam perut, sehingga menghambat terbentuknya nitrosamin. Apakah nitrosamin ? Nitrosamin adalah merupakan senyawa karsinogenik (penyebab kanker) yang sangat potensial di dalam tubuh.

3. Buah Pir Mengendalikan tekanan darah

Buah pir bermanfaat untuk mengendalikan darah. Karena di buah pir masuk dalam golongan tanaman yang mempunyai nilai gisi yang cukup baik, di antaranya adalah vitamin C, vitamin K dan tembaga, kalium, dan serat pangan (dietary fiber). The George Mateljan Foundation (2006) berpendapat bahwa kandungan serat pangan pada buah pir termasuk dalam kategori baik. Dengan makan satu buah pir maka kebutuhan tubuh akan serat pangan setiap hari sebanyak 19,8 persen akan terpenuhi.

Di samping buah pir untuk menurunkan kadar kolesterol, adanya kandungan serat pangannya sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan. Maka dari itu makan serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi masalah atau problem sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Juga dengan adanya serat dan tembaga yang terkandung pada buah pir dapat menjadi pencegah terjadinya kanker kolon. Buah pir dengan kandungan serat yang tinggi sangat baik bagi penderita diabetes.

Demikianlah kawan penjelasan saya tentang Manfaat Buah Pir. Kesehatan sangat penting anda juga untuk saya. Maka dari itu mengkonsumsi Buah Pir setiap hari di samping makanan pokok seperti nasi dan daging adalah merupakan suatu hal yang semestinya. Semua itu kita lakukan untuk menjaga kesehatan mengingat manfaat buah pir yang telah saya paparkan di atas. Semoga artikel kali ini akan bermanfaat dan akan menjadi referensi kesehatan untuk anda. Jangan lupa sharing dan kritiknya jika ada kekurangan dari artikel kali ini. Salam sehat.

Beberapa Makanan Penyebab Bau Badan tak Sedap

Selasa, 18 September 2012 | comments (3)

Bau badan tidak sedap, woooow, pasti tidak menyenangkan. Akibatnya itu yang membuat kita tidak enak. Bau tidak sedap akibatnya juga tidak sedap. Pergaulan, persahabatan dan berbagai aktivitas akan terasa terganggu. Apalagi kalau aktivitas yang kita lakukan - tidak boleh tidak - selalu berhubungan dengan orang lain. Segalanya serba kaku dan terbatas.

Setiap orang saya yakin pernah mengalami problem bau badan dan banyak juga cara atau solusi yang telah dilakukan. Mungkin salah satunya dengan cara menyalakan kipas angin sekencang-kencangnya karena menyangka bahwa keringatlah sumber segala masalah bau badan. Padahal kita belum tahu bahwa keringat bukan satu-satunya sumber bau tak sedap tersebut. Makanan juga bisa menjadi pemicu bau badan yang membuat orang lain menjauh dari kita.

Info kesehatan kali ini saya akan sharing untuk anda beberapa makanan yang menjadi faktor utama penyebab bau badan tak sedap. Setelah tahu anda bisa berusaha untuk menghindarinya atau jika tidak bisa mengurangi makanan yang menjadi penyebabnya. Baca juga artikel sebelumnya tentang Tips Mencegah Bau Badan dan Tanaman Penghilang Bau Badan agar pengetahuan kita akan menjadi lebih lengkap lagi.


1. Junk Food

Jenis makanan yang membutuhkan proses pencernaan lama adalah Junk Food. Maka dari itu Junk Food akan menyebabkan akumulasi sel-sel lemak dalam tubuh yang merangsang produksi keringat berlebihan. Bahkan tidak hanya merangsang keringat tak sedap, tetapi juga mengeluarkan aroma napas yang tidak diinginkan.

2. Rendah Karbohidrat

Makan makanan yang rendah karbohidrat juga faktor bau badan. Asupan karbohidrat yang minim bisa menjadi pemicu penimbunan protein dalam tubuh dan dapat mengakibatkan produksi keringat berlebihan. Keadaan ini menyebabkan pelepasan bahan kimia keton dalam aliran darah yang menyebabkan bau tak sedap.

3. Produk Susu

Yang suka minum susu kurangi saja jika ingin memiliki bau badan yang enak. Karena dengan sifat kaya protein, konsumsi produk susu secara berlebihan membuat proses pencernaan di lambung menjadi lambat. Keadaan ini akan memicu pelepasan hidrogen sulfida dan metil merkaptan dalam tubuh yang dapat dengan mudah memicu aroma tak sedap.

4. Tembakau

Anda perokok tapi ingin memiliki bau badan yang baik ? Kurangi kebiasaan anda atau bahkan berhenti saja merokok. Bukan rahasia lagi. Di saat asap rokok bercampur dengan kelenjar keringat dalam tubuh, maka itu akan menjadi penyebab pelepasan bau khas yang membandel. Jadi Aroma tidak sedap yang begitu mudah menempel di baju, rambut, bahkan kulit. Yang lebih membuat tidak enak lagi adalah kita yang tidak merokok akan kena baunya ketika berkumpul dengan mereka para perokok.

5. Makanan Rempah Pedas

Hindari makanan yang ada kandungan rempah pedas karena mengKonsumsi makanan pedas dengan berlebihan bisa merangsang produksi sulfur. Kemudian dikeluarkan melalui keringat di pori-pori kulit dan napas. Sebaiknya jaga dan perhatikanlah keseimbangan bahan baku makanan Anda. Kurangi bawang atau rempah pedas yang lain yang biasanya jadi menu andalan dalam santapan kari.

6. Daging Merah

Suka daging merah ? Daging merah adalah sumber bau tidak sedap karena makan daging merah akan membuat organ pencernaan bekerja lebih untuk memprosesnya. Makan daging secara berlebihan dapat merangsang produksi keringat berlebih yang cenderung menyebabkan aroma tak sedap.  Agar bau badan anda menjadi enak ( tidak bau ) kurangi saja asupan daging merah, perbanyak makan ikan dan sayur.

7. Alkohol

Alkohol juga bisa menjadi sumber bau badan. Kurangi segera agar bau badan anda enak didengar ( loh kok didengar ). Bukan hanya alkohol, minuman coklat, soda, teh, dan kopi. Jenis minuman seperti ini berpotensi kuat menjadi pemicu aroma tubuh yang tak sedap.

Beberapa informasi tentang makanan di atas semoga akan bermanfaat untuk anda mencegah bau badan tidak sedap. Ingat bahwa aktivitas anda sehari-hari akan selalu berhubungan dengan orang lain. Jadi menjaga bau badan agar tidak enak dan sedap adalah sebuah keharusan jika menginginkan sebuah hubungan tetap lancar. Salam sehat.

Buah Rambutan dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Minggu, 16 September 2012 | comments (4)

Sebagai makhluk atau juga sebagai manusia kita wajib bersyukur pada Yang Kuasa karena telah menciptakan beraneka ragam buah di dunia ini. Tidak hanya enak dan lezat kalau dimakan, tapi manfaat dari buah itu sangat besar sekali untuk kesehatan tubuh kita. Karena rasa syukur tersebut maka dalam posting artikel tentang kesehatan di blog ini selalu saya update artikel tentang manfaat buah pada anda. Allah memang Maha pengasih, Maha Penyayang dan Maha mengetahui. Alam semesta diciptakan dengan segala isi yang sangat lengkap.

Termasuk dari beberapa buah yang sering kita kenal dan kita konsumsi adalah buah rambutan. Mungkin sebagian orang menganggap buah ini hanya sekedar makanan biasa saja atau dianggap sebagai makanan ringan pengusir rasa bosan. Padahal buah rambutan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah setiap saat.

Tentang Buah Rambutan

Buah yang banyak rambutnya ini adalah tanaman yang hidup di daerah tropis dan masuk dalam golongan suku lerak-lerakan atau Sapindaceae. Buah rambutan asalnya adalah dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Karena fisiknya yang memiliki rambut maka di Indonesia diberi nama "Rambutan". Buah rambutan banyak ditemukan di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka. Karibia, Afrika, Kamboja, Amerika Tengah dan India.

Kandungan Buah Rambutan

Apa saja kandungan yang terdapat dalam buah rambutan ? Dalam setiap 100 gr atau kira-kira 3 buah rambutan terdapat kandungan 70 kalori, 18 gr karbohidrat dan  58 gr vitamin. Buah rambutan juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yakni sekitar 2 gram dari setiap 100 gr buah. Ingat, makanan yang memiliki serat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Ramuan dan Manfaat Buah Rambutan Untuk Kesehatan

1. Rambutan untuk Menyuburkan rambut
  • Sediakan beberapa helai daun rambutan, lalu tumbuk hingga halus.
  • Kemudian campurkan air masak dingin secukupnya.
  • Lalu Peraslah, dan saring air hasil perasan tersebut.
  • Shampo berbahan baku daun buah rambutan pun siap untuk menyuburkan rambut Anda.
2. Rambutan Untuk Penyakit disentri
  • Siapkan kulit buah rambutan secukupnya lalu Potong-potong kecil.
  • Bila agak halus, tambahkan tiga gelas air secukupnya dan didihkan hingga mencapai suhu 100 derajat.
  • Setelah airnya berwarna kehitam-hitaman dan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan kemudian saringlah
  • Minum secara rutin tiga kali sehari.
3. Buah Rambutan untuk Penyakit Kencing manis
  • Sediakan 5 biji rambutan kemudian goreng sangrai.
  • Biji yang telah disangrai tersebut tumbuk sampai halus dan campurkan dengan segelas air putih panas.
  • Setelah dingin, minumlah sekaligus dan lakukan secara rutin.
4. Buah Rambutan untuk Menyembuhkan demam
  • Siapkan kulit rambutan yang sebelumnya telah dikeringkan.
  • Cuci dan tambahkan beberapa gelas air
  • Kemudian rebus hingga mendidih.
  • Minumlah airnya secara rutin 3 kali sehari.
Ramuan di atas Insya Allah bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan sakit anda. Tawakkal dan berdoalah sebelum anda menerapkan tips dan resep atau ramuan di atas. Hanya dengan pertolongan Allah lah maka kita bisa sehat. Semoga bermanfaat.

Posisi Duduk yang Sehat

Kamis, 13 September 2012 | comments (7)

Apakah anda pernah memperhatikan posisi duduk ketika bekerja seperti mengetik di depan laptop atau komputer ? Kalau saya - jujur - tidak pernah memperhatikan dengan seksama bagaimana cara duduk. Yang penting duduk dan terasa nyaman, itu saja. Misalnya mengetik artikel kali ini, saya malah duduk di atas kasur. Apakah baik untuk kesehatan tubuh atau tidak saya kok kurang memperhatikan. He he he.

Kesalahan posisi bisa memiliki resiko yang cukup tinggi. Posisi duduk yang salah bisa berakibat pada masalah postur tubuh dan akan berdampak pada masalah kesehatan secara keseluruhan. Maka dari itu sebaiknya kita mengetahui posisi duduk yang benar agar tidak timbul masalah penyakit yang serius.

Dr Helen Lee, DC seorang praktisi dan pendiri Touch of Life Chiropractic di Hoffman Estates, Illinois mengatakan, "Duduk untuk jangka waktu yang lama dan dilakukan tahun demi tahun bisa membuat sirkulasi menurun, metabolisme melambat, ketidakseimbangan kadar gula darah dan menimbulkan tekanan pada otot keseimbangan postural," demikian seperti dikutip dari Sheknows. Ia juga menuturkan tidak heran jika orang yang terlalu sering duduk bisa menjadi faktor penambahan berat badan dan masalah kesehatan yang buruk. Maka dari itu sangat penting mengetahui bagaimana cara duduk yang baik untuk kesehatan.

Baiklah, agar kita sama - sama mengetahui cara duduk yang benar saya akan paparkan untuk anda. Artikel ini saya dapatkan dari banyak sumber. Silahkan cari sendiri di Google. Di bawah ini adalah 5 posisi duduk yang baik untuk kesehatan tubuh.


1. Mengembangkan postur duduk yang sehat

Sekalipun anda duduk di kursi yang terbaik maka tidak akan berarti apa-apa terhadap postur tubuh jika anda tetap duduk cenderung bungkuk, membungkuk pada keyboard atau duduk dengan menyilangkan kaki. Oleh karena itu,  cobalah lakukan tips berikut saat duduk, yaitu:

  • Posisikan kedua kaki mendatar di lantai dengan posisi lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul.
  • Posisikan siku pada posisi nyaman di samping atau istirahatkan lengan pada sandaran yang memungkinkan bahu untuk menjadi rileks atau santai.
  • Berusahalah agar bahu sejajar atau tidak bergerak ke depan.
  • Kepala memandang lurus ke depan dan dagu agak miring ke bawah.
  • Fokus pada perut atau bernapas dengan perut sepanjang hari untuk meningkatkan oksigen dan tubuh tetap santai.


2. Meletakkan Support (bantalan) pada Pinggang

Jika anda duduk di kursi sebaiknya letakkan bantalan di pinggang. Tujuannya agar pinggang tidak sakit pada saat duduk. Dr Lee memberikan saran agar duduk di kursi dengan memberikan support atau penyokong pada pinggang. Contoh dengan meletakkan bantal kecil di pinggang, pantat lalu duduk setengah bersandar.

3. Bangun dan bergerak

Seabaiknya bergerak secara teratur atau bangun setiap 15-30 menit sekali. Tujuannya untuk meregangkan otot, bergerak dan bernapas. Bila mungkin cobalah berjalan-jalan sejenak. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi atau energi serta menghindarkan orang banyak ngemil di meja.

4. Menjaga tubuh tetap hidrasi

Masalah Dehidrasi dapat membuat seseorang menjadi lelah dan cenderung akan duduk dengan posisi lebih merosot. Maka dari itu tetaplah menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik sepanjang hari.

Kesimpulan

Menjaga posisi duduk sangat penting bagi kesehatan tubuh dan postur tubuh. Maka dari itu sangat penting bagi kita untuk menjaganya dengan baik agar aktivitas dan penampilan kita tetap prima di hadapan orang lain. Yang penting dalam duduk adalah santai, tidak kaku, dan setiap saat selalulah bergerak atau mengerak-gerakkan anggota tubuh.

Semoga manfaat.

Inilah Manfaat buah melon untuk kesehatan

| comments (4)

Kali ini saya akan informasikan untuk anda tentang buah melon dan manfaatnya. Melon dengan lemon, hampir sama ya namanya. Kalau huruf abjadnya sama persis, hanya pengucapannya saja yang tidak sama. Saya bingung juga membedakan keduanya. Kalau saya menggunakan translator di laptop saya lihat melon diterjemahkan menjadi semangka, sedangkan lemon diterjemahkan menjadi jeruk. Tapi yang dimaksud dengan melon di sini adalah yang seperti tampak dalam gambar. Semoga saja tidak kabur ya melon dengan semangka.

Kalau sebelumnya telah saya tulis untuk anda tentang manfaat buah lemon untuk kesehatan, maka dalam posting kali ini saya akan jelaskan pada anda berkaitan dengan manfaat buah melon untuk menjaga kesehatan. Semoga manfaat ya. Dan jangan lupa dishare ke teman-teman anda di Facebook atau Twitter biar blog ini semakin terkenal ( ngarep mode on ).

Berikut ini adalah 6 khasiat buah melon untuk kesehatan.

1. Buah Melon Meredakan panas dalam

Panas dalam. Berarti panas di dalam tubuh. Biasanya ditandai dengan timbulnya sariawan dan bibir pecah-pecah. Menjengkelkan sekali karena sangat mengganggu aktivitas mulut seperti makan, minum dan bahkan berbicara. Tapi saya tunjukkan solusinya ya. Makan saja dengan teratur buah melon. Ada 95% kadar air pada buah melon sehingga dapat memberikan efek yang sejuk. Maka dari itu buah melon bermanfaat untuk membuat panas dalam menjadi reda. Di dalam buah melon terdapat kandungan vitamin A, B dan C dan juga memiliki kandungan fosfor, protein, dan kalsium. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada buah melon adalah 0,03 mg Vitamin B1; 25,00 mg fosfor; 0,5 mg besi; 34 mg Vitamin C; 640 mg I.U Vitamin A; dan 15,00 mg kalsium. Melihat kandungan buah melon tersebut sangat baik sekali jika kita mengkonsumsi buah melon setiap hari.

2. Buah Melon Melancarkan BAB

Susah Buang Air Besar ( BAB ) adalah masalah serius. Jangan dianggap remeh. Ingin terhindar dari masalah serius ini ? Makanlah Buah Melon. Karena dengan makan Buah Melon dapat membuat Buang Air Besar menjadi lancar. Buah Melon memiliki kandungan air yang sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Dengan adanya kandungan mineral ini buah melon mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan sebab dapat mengganggu pencernaan, terutama pada organ lambung.

3. Buah Melon Anti stroke/jantung

Menurut penelitian stroke/jantung adalah pembunuh nomor 1 manusia yang ada di dunia. Dengan mengkonsumsi buah melon akan dapat membantu peredaran darah menjadi lancar sehingga memperkecil resiko serangan penyakit stroke atau jantung. Karena di dalam buah melon terdapat kandungan antikoagulan yang disebut adenosine yang mampu menghentikan terjadinya pengggumpalan sel darah. Ingat penggumpalan sel darah adalah pemicu penyakit jantung atau stroke.

4. Buah melon Anti kanker

Takut dengan penyakit kanker ? Jangan khawatir karena anda bisa mencegahnya. Konsumsilah buah melon karena buah melon mengandung karotenoid yang tinggi. Dengan karotenoid yang tinggi tersebut bisa mencegah timbulnya penyakit kanker dan juga dapat meminimalisir serang kanker paru-paru. Buah melon bermanfaat untuk membunuh bibit kanker yang akan bersarang di dalam tubuh kita. Konsumsilah buah melon untuk terhindar dari penyakit kanker.

5. Buah Melon Membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan eksim

Sedang mengalami penyakit ginjal dan eksim, jangan lupakan buah melon karena buah melon juga dapat membantu menjadi penyembuh penyakit ginjal dan eksim. Buah melon memiliki daya diuretik yang sangat baik sehingga dapat membantu menyembuhkan penyakit ginjal dan penyakit eksim yang parah dan akut. Jika buah Melon dan buah lemon dikombinasikan atau dicampur bisa membasmi asam urat. Luar biasa khan? Jadi sangat baik bagi anda ( saya juga ya ) untuk makan buah melon secara teratur setiap pagi untuk melawan penyakit ginjal dan eksim. Baca juga artikel sebelumnya tentang makanan yang sehat untuk ginjal.

6. Buah Melon Menjaga kesehatan kulit

Jika anda sedang memiliki keinginan menjaga kesehatan kulit, maka buah melon adalah sebuah solusi. Karena di dalam buah melon terdapat kandungan kolagen yaitu senyawa protein yangg mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat seperti kulit. Fungsi Kolagen juga menyembuhkan luka dengan cepat dan menjaga kekencangan kulit. Makan buah melon dapat membuat kulit anda tidak kasar dan kering.

Banyak sekali manfaat buah yang satu ini untuk menjaga dan memelihara kesehatan. Buah melon manfaat dan buah lemon juga bermanfaat. Sisihkan sebagian dari penghasilan anda untuk membeli buah-buahan ini untuk dikonsumsi. Semoga bermanfaat.

Resep Perawatan Kulit dengan Buah Lemon

Sabtu, 08 September 2012 | comments (7)

Sebelumnya telah saya tulis tentang manfaat buah lemon untuk kesehatan. Dan di antara manfaatnya adalah dapat Menjaga kesehatan kulit. Kali ini saya akan paparkan untuk anda sebuah resep khusus untuk merawat kulit dengan menggunakan buah lemon.


Ramuan Buah Lemon Untuk Wajah Berminyak
  1. Lemon diperas ke dalam mangkok yang berisi air es.
  2. Lemon yang diperas tadi Percikkan ke seluruh wajah dan pijat selama 5 menit
  3. Bersihkan wajah dengan air.
Ramuan Lemon Untuk Kesehatan Kulit
  1. Siapkan buah lemon dan peraslah ke dalam sebuah mangkok.
  2. Campurkan satu gelas penuh susu dan 1 sendok teh gliserin ke dalamnya.
  3. Aduk hingga merata lalu biarkan selama setengah jam
  4. Oleskan campuran di atas di muka, tangan dan kaki sebelum tidur malam.
Dengan cara merawat di atas pada malam hari akan membuat Anda terlihat lebih muda dan cantik. Bahkan perawatan tersebut juga dapat menjadi obat jerawat.


Buah Lemon Untuk Menghilangkan Kecapean Pada Mata
  1. Ambil 4 sendok makan dari air lemon dan air es.
  2. Taruh di sebuah kapas campuran dari lemon dan air dingin tersebut
  3. Taruh di mata Anda yang tertutup selama 10 menit.

Buah Lemon Untuk Menghilangkan Bintik-Bintik
   
  1. 2 buah almond digiling.
  2. Campurkan gilingan itu dengan 1 putih telur yang telah dicampur dengan setengah sendok teh air lemon.
  3. Oleskan pada wajah dan biarkan hingga kulit terasa kering.
  4. Lalu cuci bersih dulu dengan air hangat kemudian dengan air dingin.

Untuk Menjadikan Kulit Lebih Mengkilap & Untuk Kulit Berminyak

Setengah sendok teh air lemon dicampur dengan satu sendok teh air ketimun dan beberapa tetes air mawar. Lalu oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher. Dan niarkan selama 15 menit. Jangan lupa bersihkan dengan air.

Untuk Kulit Kering & Kasar

1 kuning telur dicampur dengan beberapa tetes air lemon dan minyak zaitun. Campuran tersebut dioleskan ke wajah lalu biarkan hingga kulit terasa kering. Bersihkan dengan air biasa dan percikkan dengan air es.

Itulah beberapa resep yang bermanfaat untuk kulit dengan menggunakan buah lemon. Lemon ternyata sangat besar khasiatnya ya. Semoga artikel kali ini akan berguna untuk anda semua.
Comprehensive Medical coding, CPC and ICD-10 Training BY experts

Manfaat Buah Lemon untuk Kesehatan

Selasa, 04 September 2012 | comments (4)

Untuk sebagian orang mungkin tidak kenal dengan buah lemon. Seperti saya misalnya. He he he. Kalau melihat sich sering di pasar-pasar buah. Melihat saja. Kalau makan belum pernah. Soalnya menurut saya lemon adalah makanan mahal. Jadi ya hanya untuk yang berkantong tebal saja.

Tahu nggak? Ternyata buah lemon memiliki manfaat yang sangat banyak. Mengkonsumsi buah lemon sangat penting. Karena lemon adalah buah alami yang penting untuk kesehatan. Bahkan buah lemon sangat bermanfaat untuk membuat kulit sehat. Kita bisa membuat ramuan lemon jika ingin memelihara kecantikan wajah dan kesehatan tubuh.

Melihat manfaat buah lemon untuk kesehatan yang sangat besar, maka dianjurkan untuk makan buah ini dengan teratur. Makan buah lemon tidak perlu terlalu banyak. Mengkonsumsi sekedarnya saja untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Bagi anda yang ingin mengkonsumsi buah lemon untuk menjaga kesehatan tubuh sebaiknya tahu terlebih dahulu buah lemon yang baik. Tips memilih buah lemon yang baik adalah Berat dari buah lemon yang dipilih harus terasa berat dan buahnya agak sedikit keras juga Pilih buah lemon yang kulitnya berwarna kuning

Adapun kandungan buah lemon yang kaya manfaat tersebut adalah Serat, Potassium, Alkalin, Fosfor dan Kalsium

Selanjutnya akan saya paparkan manfaat lemon untuk membasmi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh yang bisa membuat Anda semakin senang terhadap buah lemon.

Buah Lemon Dapat Menjaga kesehatan kulit

Sebagai obat antiseptik alami, buah lemon bisa membantu atasi ganguan pada kulit. Lemon adalah merupakan buah sitrus yang kaya vitamin C. Dengan vitamin C tersebut dapat menguatkan kecantikan Anda dengan meremajakan kulit dari dalam, sehingga membuat wajah lebih bercahaya.

Minum air lemon dengan rutin dapat merubah penampilan kulit Anda. Karena lemon bekerja sebagai antipenuaan dan mengangkat kerutan serta jerawat. Manfaat lain untuk kulit misalnya adalah untuk membuat bekas luka menjadi samar, oleskan air lemon ke area kulit yang mempunyai problem.

Buah Lemon Bisa Redakan gangguan lambung

Buah lemon dapat membantu meredakan gangguan pada pencernaan seperti mual dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan) jika dicampur dengan air panas. Dengan mengkonsumsi jus lemon teratur dapat membantu usus mengeluarkan sampah secara lebih efisien. Lemon dapat bekerja sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Bahkan jus dari lemon juga bekerja sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi lebih banyak air empedu.

Buah Lemon Membantu perawatan gigi

Ingin merawat gigi dengan baik? Manfaatkan buah lemon. Caranya ? Teteskan saja jus lemon segar di  area gigi yang sakit. Hal itu bisa membantu mengusir rasa sakit. Gusi anda berdarah bisa anda hentikan dengan mengoleskan sari lemon d area gusi. Di samping itu buah lemon diyatakan dapat mengusir bau mulut dan gangguan lain pada gusi.

Buah Lemon untuk Mengontrol tekanan darah tinggi

Buah lemon memiliki kandungan kalium. Dengan kandungan kalium tersebut dinyatakan dapat membantu pasien yang terkena gangguan jantung. Lemon dapat bekerja dan menjadi pengontrol tekanan darah, pusing, mual serta membuat tubuh dan pikiran menjadi santai atau rileks. Bahkan lemon dinyatakan dapat meminimalisir gangguan stres dan depresi mental.

Buah Lemon dapat Mengatasi infeksi tenggorokan

Buah lemon memiliki kandungan anti bakteri sehingga bisa membantu mengatasi terjadinya gangguan yang berhubungan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorkan dan tonsilitis. Misalnya ingin mengatasi sakit tenggorokan caranya adalah encerkan sari dari setengah lemon dengan setengah air dan jadikan untuk berkumur secara teratur.

Buah Lemon Dapat Menurunkan berat badan

Ingin turun berat badan ? Jangan memakai obat-obat alami yang ternyata dinyatakan memiliki efek samping. Efek sampingnya tidak bisa dianggap sepele. Manfaatkan saja buah lemon. Karena dengan minum air jeruk lemon bisa menurunkan berat badan dengan cepat. Untuk menurunkan berat badan anda bisa memanfaatkannya dengan mengonsumsi campuran jus lemon, air hangat dan madu.

Demikianlah artikel kali ini tentang manfaat yang terkandung di dalam buah lemon. Mengingat manfaat yang sangat tinggi dari buah tersebut maka sebaiknya kita memanfaatkannya dengan baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan. "Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat", bukankah begitu kata pepatah orang tua dulu. Jadi yuk jaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah yang sehat. Untuk sehat ternyata caranya mudah sekali ya. Salam sehat selalu.

Manfaat dan Khasiat Daun Sirih

Minggu, 02 September 2012 | comments (4)

Saya yakin anda tahu yang namanya daun sirih. Kalau saya tahu dulu nenek saya suka sekali melumat-lumat daun sirih. Katanya sich enak. Daun sirih dilipat-lipat hingga kecil, lalu dicampur dengan sedikit kapur dan ditumbuk di sebuh lesung mini. Setelah dirasa cukup halus lalu dikunyah-kunyah dengan terlebih dicampur tembakau. Saya yang melihat merasa heran apa sich nikmatnya. Lalu anak-anaknya memohon dengan sangat agar ia menghentikan aktivitas "mengunyah dauh sirih". Alasanya sederhana saja, mereka tidak mau melihat bibir dan gigi nenek saya merah-merah.

Padahal daun sirih itu ternyata memiliki manfaat dan khasiat yang sangat besar bagi kesehatan. Daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang berguna untuk mengobati mimisan, mata merah, disfungsi ereksi, menyaringkan suara dll. Menurut informasi telah diuji secara klinis dan hingga saat ini penelitian terhadap daun sirih terus dikembangkan.

Beberapa tips dan resep berikut sekaligus cara pemanfaatannya untuk kesehatan akan saya berikan untuk anda. Saya ambil dari berbagai sumber di internet.


1. Daun Sirih sebagai Obat Koreng dan Obat Gatal

Ambil 20 lembar daun sirih dan rebus hingga mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

2. Daun Sirih sebagai Obat Gusi Berdarah

Siapkan 4 lembar daun sirih dan rebus dalam 2 gelas air. Gunakan untuk berkumur-kumur.

3. Daun Sirih sebagai Obat Sariawan

Sediakan 1-2 lembar daun sirih lalu cuci sampai bersih. Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya setelah selesai.

4. Daun Sirih Untuk Menghilangkan Bau Mulut

Ambil 2-4 lembar daun sirih, Cuci bersih lalu remas-remas. Seduh dengan air panas lalu gunakan untuk berkumur.

5. Daun Sirih sebagai Obat Jerawat

Siapkan 7-10 lembar daun sirih , cuci bersih dan tumbuk halus. Lalu Seduh dengan dua gelas air panas. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 x sehari.

6. Daun Sirih sebagai Obat Keputihan

Siapkan 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dan rrbus dalam 2,5 liter air. Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut untuk Miss V -nya ( maaf )

7. Daun Sirih untuk Mengobati ASI Berlebih

Sediakan beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Lalu hangatkan di atas api sampai layu. Tempelkan di seputar payudara yang bengkak selagi masih hangat.

8. Daun Sirih sebagai Obat Batuk

Ambil 15 lembar daun sirih dan tiga gelas air lalu cuci bersih daun sirih. Rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Minum bersamaan dengan madu

9. Daun Sirih sebagai Obat Bronkitis

Ambil 7 lembar daun sirih lalu cuci bersih kemudian rebus bersama sepotong gula batu dalam 2 gelas air bersih. Tunggu hingga air tinggal 1 gelas. Minum 3 x sehari masing-masing sepertiga gelas.

10. Daun Sirih sebagai Penghilang bau badan

Siapkan 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Minum pada siang hari.

11. Daun Sirih sebagai Obat Luka Bakar

Persiapkan daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuh-kan ke tempat luka bakar.

12. Daun Sirih sebagai Obat Mimisan

Ambil 1 lembar daun sirih yang masih agak muda, kemudian memarkan dan gulung. Sumbatkan hidung yang berdarah dengan daun sirih tadi.

13. Daun Sirih sebagai Obat Bisul

Siapkan daun sirih secukupnya dan cuci bersih kemudian giling hingga halus dan dioleskan pada bisul. Balut dan ganti 2 x sehari.

14. Daun Sirih sebagai Obat Mata Gatal dan Mata Merah


Persiapkan 5 sd 6 lembar daun sirih muda dan segar lalu rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Apabila selesai tunggu sampai air dingin. Manfaatkan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata 3 x sehari sampai sembuh.

Daun sirih adalah obat alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sayang kita kurang memanfaatkannya secara maksimal. Pilihan kita lebih tertuju pada obat yang banyak dijual dipasaran. Memang cepat mengobat tapi efek sampingnya tidak bisa dianggap remeh dan sepele. Kembali pada alam. Indonesia memiliki sumber obat alami yang sangat banyak. Salah satunya adalah sirih. Manfaatkan daun sirih untuk obat dari sakit anda. Minim efek samping. Semoga sehat selalu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger