Manfaat Buah Strawberry

Selasa, 31 Juli 2012 | comments (2)

Halo sobat pembaca setia blog info kesehatan. Dalam kesempatan posting artikel kesehatan kali saya akan menjelaskan tentang manfaat dari buah Strawberry. Mudah-mudahan anda termasuk orang yang sudah sangat mengenal buah yang satu ini. Kalau anda belum tahu maka artikel ini menjadi kurang sempurna karena ketidak tahuan anda. Tapi jangan khawatir, saya akan sertakan juga gambar dari buah Strawberry. Lihat di bawah ini.

Strawberry ( biasa juga ditulis Stroberi atau Stroberry ) adalah salah satu jenis tanaman tropis yang berwarna merah mencolok. Buah ini nama latinnya adalah fragraria chiloensis. Kalau dilihat warnanya segar sehingga membuat siapa saja akan tergiur untuk memakannya. Strawberry memiliki rasa yang khas yaitu asam manis asin. Saya sendiri kurang suka dengan rasanya. Tidak hanya dimakan, Strawberry juga bisa dijadikan hiasan beraneka ragam kue sehingga kue akan kelihatan lebih segar dan mengundang selera. Buah Strawberry bisa dijumpai di setiap negara karena mudah tumbuh di mana saja dengan baik.

Di balik warnanya yang segar dan rasanya yang asam manis asin, tahukah anda bahwa Strawberry memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan ? Baiklah, akan saya paparkan untuk anda di antaranya buah Strawberry kaya dengan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas.

Strawberry sebagai Pencegah Kanker

Di dalam buah Strawberry ada dua kandungan yang bernama antioksidan dan anti-inklamasi. Dengan kombinasi dua kandungan tersebut maka buah Strawberry dapat mencegah tumbuhnya penyakit kanker.

Strawberry Baik Untuk Tulang

Strawberry sangat baik dan bermanfaat untuk memelihara tulang anda. Karena di dalamnya terkandung senyawa mangan sehingga dapat membantu membangun dan memilihara tulang dan sendi anda.

Strawberry Bermanfaat untuk Diet Sehat

Dalam secangkir Strawberry memiliki banyak kandungan serat. Tapi kalorinya sedikit hanya sekitar 43. Dengan adanya serat yang terkandung di dalam buah Strawberry dapat membuat pencernaan menjadi lancar.

Strawberry sebagai sumber Vitamin C

Menurut penelitian di dalam satu gelas Strawberry terkandung 136% RDA vitamin C. Kita tahu bahwa vitamin C mempunyai manfaat yang luar biasa untuk membuat kekebalan tubuh semakin meningkat dan dapat mencegah degenerasi makula. Di samping manfaat dari vitamin C adalah untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Berikut adalah khasiat Strawberry :

1. Strawberry dapat membuat kulit halus
2. Strawberry dapat mencegah penuaan dini
3. Strawberry dapat meredakan diare
4. Strawberry dapat menurunkan kadar kolesterol
5. Strawberry dapat Mencegah stroke
6. Strawberry dapat mencegah alergi dan radang

Agar buah Strawberry dapat bermanfaat dengan maksimal sebaiknya anda maka langsung setelah dipetik agar kandungan nutrisi yang ada di dalamnya tidak berkurang.

Kesimpulan

Buah yang bernama latin fragraria chiloensis ternyata sangat besar manfaatnya untuk menjaga kesehatan. Tak ada buruknya anda ( termasuk saya ) mengeluarkan sedikit dari penghasilan kita sehari-hari untuk membelinya. Untuk apa ? Tentu saja agar kesehatan kita tetap terpelihara. Karena dengan kesehatan yang kita miliki maka segala aktivitas sehari-hari akan berjalan dengan baik dan lancar.

Beberapa Tanaman Penghilang Bau Badan

Selasa, 24 Juli 2012 | comments (3)

Bau badan adalah problem kesehatan yang menjadi hal yang membuat gelisah seseorang apabila harus berhubungan dengan orang lain. Hal tersebut bisa membuat kita menjadi tidak percaya diri aleas minder dalam melakukan aktivitas terutama apabila aktivitas kita selalu berkomunikasi dengan lain. Maka solusi yang biasa kita lakukan adalah dengan membeli penghilang bau yang banyak tersebar di pasaran. Padahal belum tentu bahan tersebut aman untuk badan kita terutama kulit.

Dalam kesempatan ini saya akan posting info kesehatan berkaitan dengan beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau badan kita. Silahkan simak dan semoga manfaat.

1. Daun Bluntas


Di depan rumah tempat saya tinggal ada daun bluntas. Saya sering minum air perasan daun bluntas bila tekanan darah saya tinggi. Tapi tanaman yang biasa ditanam sebagai tanaman pagar dan mempunyai sifat khas berbau langu dan rasanya getir ini bisa juga menghilangkan bau badan. Karena daun dan bunga bluntas memiliki kandungan alkali yang berfungsi sebagai antiseptic. Daun bluntas memiliki kandungan kimia antara lain, kalsium, lemak, besi, fosfor, vitamin A dan C, dan amino (leusin, isoleusin, triptofan, treoin)

Aturan atau Cara Pakai sebagai berikut: Bisa dikonsumsi menjadi lalap mentah atau dikukus. Boleh juga minum airnya setelah direbus.

Ada Efek samping Daun Bluntas :

dapat menurunkan suhu tubuh dan mendinginkan badan, dengan begitu banyak keringat yang keluar dan suhu tubuh menjadi turun.

2. Daun Sirih

Tahu daun sirih ? Kita tahu Daun sirih sudah lama terkenal memiliki khasiat sebagai antiseptic. Daun sirih juga memiliki kandunganzat-zat aktif yang dapat "membasmi" bau badan yang penyebabnya adalah jamur dan bakteri. Di dalam daun sirih Mengandung zat kimia di dalam minyak atsirinya : antara lain zat samak, kavikol, kadinen, seneol, eugeol, dan karvakol.

Adapu  aturan pakainya adalah sebagai berikut : Rendam beberapa helai daun sirih ke dalam air panas. Setelah dingin air rendaman daun sirih tersebut diminum. Bisa juga dengan cara daun sirih ditumbuk halus bersama kapur sirih dan dioleskan di ketiak yang berbau.

3. Daun kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan antiseptic. Cara pakainya untuk menghilangkan bau badan adalah : Daun kemangi dilalap mentah. Kalau di sea food biasanya menjadi pelengkap lalap pecel lele.

Efek samping Daun kemangi :

Dapat meningkatkan selera makan. Jika dikonsumsi 1 genggam pagi dan sore selama masa haid maka BB yang sering menghinggapi perempuan haid akan berkurang.

4. Rimpang Temulawak

Rimpang Temulawak memiliki Kandungan kimia antara lain : minyak atsiri, sapomin, flavioinoida.

Aturan dan cara pakai : Rebusan rimpang temulawak diminum setelah diiris halus, air perasan temulawak parut yang ditambahkan sedikit madu. Parutan rimpang temulawak dapat juga dibalurkan keseluruh tubuh hingga mengering.

5. Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.)

Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.) memiliki Kandungan polifenol Sapomin, dan flavoinoida.
Aturan dan Cara Pakai : Masak daun muda dan bunga dan makan sebagai teman lauk. Di beberapa daerah Bunga Kecombrang (Nicolaia sp.) dimasak sebgai sayur lodeh.

6. Jeruk Nipis


Cara pakai : Air perasan jeruk nipis dicampur kapur sirih dibalurkan di ketiak

 7. Jeruk Purut

Adapun Cara pakai : Minum sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur dihaluskan bersama dengan air secukupnya

8. Ketimun / mentimun (Cucumis sativus)

Aturan pakai : Gosokkan Sari buah ketimun muda ke ketiak setiap selesai mandi.

9. Jahe (zingiber Officinale)

Mayoritas orang India percaya kalau rajin mengkonsumsi Jahe bisa membuat badan sesorang menebarkan aroma sedap. Menurut Pen Chao Cing dari kaisar Shen Nong (3000 SM), jahe segar dapat dapat menghilangkan bau badan sekaligus mendekatkannya pada aura spiritual.

Cara pakai : diminum sebagai Wedang jahe

Demikian Beberapa Tanaman yang dapat menghilangkan Bau Badan abda. Semoga informasi di atas akan bermanfaat untuk anda.

Manfaat Cabai untuk Kesehatan

Senin, 23 Juli 2012 | comments (6)

Saya suka makanan pedas. Makan seakan tidak ada sensasinya jika dilumuri dengan rasa yang membuat mulut hu hu hu hu. Tapi itu bukan sebuah seruan. Namun sebuah sensasi yang dialami ketika mengalami rasa pedas. Saya yakin salah satu di antara anda menyukai rasa pedas khan? Apalagi kalau makan mangga muda, salak muda, buah pepaya dll, maka pedas adalah bagian dari teman setia sehingga jadilah yang namanya rujak.

Apa biasanya yang membuat kita pedas? Ya tentu saja cabai. Mulai dulu, di jaman nenek moyang, menjadikan cabai sebagai makanan atau obat sudah cukup terkenal. Bahkan mereka menjadikan cabai sebagai tinta untuk menulis atau menggambar. Namun banyak orang tidak menyadari akan manfaat cabai untuk kesehatan. Yang mereka tahu cabai itu rasanya pedas, hanya bisa dijadikan rujak saja. Lali kalau makan cabai terlalu banyak akan sakit perut atau bahkan bisa menyebabkan alergi kulit. Padahal jika kita mengkonsumsi dengan takaran yang tepat, makan manfaat sehat dari cabai akan kira rasakan.

Ketika masih anak-anak saya pernah merasakan hidung tersumbat karena flu. Lalu seorang teman menyarankan saya untuk makan yang pedas-pedas. Misalnya makan kerupuk dengan air yang telah diberi campuran cabai dan garam. Seketika flu atau hidung saya yang tersumbat pulih bersamaan dengan keluarnya lendir yang telah encer.

Itu bukan tanpa alasan. Ternyata cabai mengandung capsaicin. Kandungan capsaicin pada cabai memiliki khasiat untuk mengencerkan lendir, sehingga lendir bisa keluar dan rongga pernafasan menjadi lega. Di dalam Cabai juga ada kandungan vitamin C yang cukup serta betakaroten (pro vitamin A). Jadi apabila kita tidak mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C setiap hari, maka kita tetap bisa mendapatkan vitamin C lewat makan cabai.

Kandungan Capsaicin pada cabai juga memiliki sifat antikoagulan. Dengan sifat antikoagulan pada cabai dapat mencegah terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah sehingga bisa mencegah terjadinya jantung koroner, impotensi dan serangan stroke. Meskipun begitu, teori itu tidak bisa diterapkan secara mentah-mentah karena kadang-kadang banyak orang tidak kuat terhadap rasa pedas dari cabai. Di samping itu cabai juga bisa meningkatkan selera makan. Bahkan kadang bubuk cabe juga bisa digunakan untuk menggantikan lada.

Manfaat Cabai

Banyak sekali manfaat makan cabai, di antaranya adalah pertama, cabai dapat menetralisir radikal bebas sehingga rusaknya sel tubuh dan  jaringan bisa dihindari. Kedua, Cabai dapat membantu memperlancar sistem pencernaan tubuh dan mengatasi sembelit. Ketiga, Cabai dapat membantu meringankan sakit pada otot dan rasa panas yang ada pada cabai bisa membantu memberikan efek panas pada kulit. Tetapi jangan terlalu banyak. Karena apabila diberikan terlalu banyak bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. Keempat, Cabai kaya dengan kalsium, vitamin A, dan vitamin C. Kelima, Cabai juga bisa meredakan demam tinggi, tapi jangan dicoba untuk anak-anak di bawah umur karena efek panasnya bisa merusak kulit kepala. Keenam, cabai diyakini dapat meningkatkan kesuburan pada wanita maupun pria. Ketujuh,  cabai membantu mengurangi proses penuaan dan sebagai afrodisiak.

Saran Konsumsi Cabai

Alangkah baiknya sebelum mengkonsumsi cabai kita mengetahui kondisi tubuh kita. Jika tubuh kita mengalami reaksi negatif dari makan cabai sebaiknya hindari mengkonsumsi cabai terlalu banyak. Yang terjadi bukan sehat. Malah biasanya menyebabkan lambung menjadi sakit dan selera makan berkurang.

Kita bisa mendapatkan manfaat cabai tanpa harus memakannya mentah-mentah. Kita bisa meramunya dalam sebuah masakan lezat yang dipadukan dengan berbagai macam bumbu atau bahan masakan yang lain.

Menurunkan demam tinggi lakukan langkah sebagai berikut :

1. Tumbuk daun cabai rawit hingga halus
2. Tambahkan satu sendok minyak selada
3. Oleskan ke ubun-ubun atau sekujur tubuh

Banyak sekali kan manfaat dari cabai. Jadi jangan hanya menganggap bahwa cabai itu hanya sebuah sensasi pedas untuk menghiasi suasana makan kita. Tapi cabai juga memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Tapi ingat, dengan takaran yang sesuai. Jangan berlebihan kalau makan cabai. Semoga manfaat.

Berkedip Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Mata

Sabtu, 21 Juli 2012 | comments (7)

Bagi saya rahasia kedipan mata termasuk ilmu yang baru. Informasi kesehatan tentang manfaat berkedip bagi kesehatan mata ini saya dapatkan dari blog sahabat kita Info Manfaat. Silahkan anda berkunjung ke sana jika memiliki kesempatan. Ya, mata berkedip. Pernah kan mengalami dan melakukannya ? Mungkin selama ini anda tidak pernah memperhatikan bahwa berkedip itu ada manfaatnya. Makanya berkedipnya di sembarang tempat. Misalnya ketika ada yang bening-bening sedang lewat. He he he. Awas ! Puasa puasa gini nanti batal loh pahala puasanya.

Salah satu organ tubuh manusia yang sangat vital adalah mata. Peran mata sangat besar sekali bagi kehidupan manusia. Tanpa mata, secara logika, tidak akan tercipta listrik, mobil, motor, dan alat tehnologi yang lain. Tetapi begitu besarnya peran mata, kita mungkin selama ini tidak mengetahui bahkan menganggap remeh dari kerja berkedip dari mata. Padahal itulah upaya terbesar dari organ mata itu sendiri agar supaya fungsinya bisa terus berjalan.

Sekarang, apakah anda pernah menghitung berapa kali mata anda melakukan aktivitas berkedip dalam sehari? Jangan hitung ya. Karena nanti hidup anda terbuang hanya untuk menghitung kedipan mata. Tapi untuk penelitian silahkan aja. He he he.

Setiap orang memiliki tingkat frekuensi berbeda-beda. Ada orang yang tingkat frekuensi berkedipnya lama dan ada pula yang tingkat frekuensi berkedipnya cepat. Faktornya ? Faktor usia merupakan penyebab utama yang dapat mempengaruhi jumlah kedipan yang dilakukan oleh seseorang. Dalam sehari mata manusia bisa berkedip hingga 15.000 kali. Ini adalah angka perkiraan jumlah bagi mereka yang berumur dewasa dan masih mempunyai kesehatan mata yang normal. Suatu jumlah yang mungkin tidak anda sadari sebagai cara mata untuk memelihara fungsi kerja mata.

Berbeda dengan bayi. Di dalam mata seorang bayi masih tersedia selaput lendir mata yang sangat banyak. Maka tingkat frekuensi kedipan mata bayi lebih sedikit bila dibandingkan dengan mereka yang sudah lanjut usia. Orang yang sudah lanjut usia memiliki sedikit selaput lendir pada matanya.  Di samping itu, faktor pemicu psikologis lainnya juga mempengaruhi jumlah kedipan pada mata. Contoh orang yang sedang malu, marah, gugup, emosi, atau sedang melihat sesuatu yang menarik hati ( yang bening-bening misalnya he ha ho. Maka jumlah kedipan mata yang dilakukan akan berbeda-beda.

Jadi, inti dari semua itu adalah jika anda mengetahui manfaat dari aktivitas kedipan mata, maka anda akan sadar alangkah besar nikmat yang diberikan oleh Allah Swt pada manusia dari hanya satu aktivitas sederhana, yakni mata berkedip. Dalam kesempatan ini akan saya paparkan manfaat berkedip yang dilakukan oleh mata anda. Silahka simak dengan baik sebagai berikut :

Menjaga Kelembaban

Untuk menjaga kelembaban maka mata melakukan aktivitas berkedip. Caranya adalah dengan membasahkan mata dengan air mata pada permukaan bola mata terutama pada bagian kornea. Bagian pada kornea akan mudah mengalami iritasi jika berada pada kondisi kering.

Kedipan mata Memiliki Banyak Arti

Apa arti kedipan mata ? Mata yang berkedip adalah suatu bentuk anggapan atau respon pada suatu hal atau peristiwa yang sedang terjadi. Kedipan mata adalah bahasa tubuh yang mempunyai beberapa makna dan tanda. Terlalu banyak mata berkedip merupakan pertanda bahwa seseorang sedang menyembunyikan kebohongan, sikap grogi, dan lain-lain. Berhati-hatilah dengan orang yang sering mengedipkan matanya. Siapa tahu tersimpan di balik kedipan matanya sebuah kebohongan dan hal negatif yang lain.

Mencegah Benda Asing Masuk   

Dalam melakukan aktivitas sehari-hari pasti anda akan selalu berbenturan dengan yang namanya kotoran, debu atau bahkan hewan kecil yang masuk ke dalam mata anda. Dengan berkedip mata akan mencegah masuknya berbagai benda asing yang akan mengganggu kesehatan mata. Karena dengan kedipan mata anda segala bentuk benda asing akan mudah terdeteksi secara refleks. Namun keberadaan bulu mata juga akan membantu proses berkedip. Orang dengan bulu mata sedikit atau pendek, lebih cenderung mudah terkontaminasi oleh terpaan kotoran atau debu. Sedang orang dengan bulu mata panjang biasanya akan lebih membantu memberikan perlindungann pada mata.

Bernilai Estetika pada wajah dan penampilan Kamu

Jangan sampai anda tidak tahu. Mata berkedip memiliki pengaruh estetika yang tinggi pada wajah dan penampilan anda. Karena mata berkedilah maka wajah dan penampilan anda kelihatan tampan, gagah dan penuh wibawa. Coba anda bayangkan jika mata anda sama sekali tidak berkedip. Anda bisa jadi sosok tanpa ekspresi yang sangat mengerikan.

Sekian saja ya. Semoga beberapa manfaat berkedip pada mata yang telah saya paparkan di atas akan semakin membuat anda sadar ( saya juga ) bahwa betapa pentingnya menjaga kesehatan mata. Menjaga kesehatan mata dapat ditempuh dengan cara makan makanan yang mengandung sumber vitamin yang mendukung seperti vitamin A. Serta juga tidak melakukan kegiatan yang dapat menjadi pemicu bagi kerusakan mata. Baca Tips Menjaga Kesehatan Mata yang telah saya tulis sebelumnya. Jangan lupa juga berkediplah karena berkedip itu sangat bermanfaat sekali pada kesehatan mata.

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Jumat, 20 Juli 2012 | comments (7)

Kali ini Info Sehat akan memberikan info tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan. Melanjutkan info sebelumnya tentang manfaat buah untuk kesehatan. Ternyata buah pisang memiliki banyak manfaat kesehatan. Mungkin tidak semua orang mengetahui manfaat buah yang satu ini. Seperti saya sendiri. Di Banjarmain begitu banyak buah pisang. Sebelum terkena penyakit yang membuat banyak pisang gagal panen bahkan banyak yang mati, buah pisang bisa didapatkan di tiap tanah milik petani. Seakan tiada tanah sejengkalpun yang tidak ditanami pisang.

Bagi orang Indonesia buah pisang sudah bukan merupakan buah asing. Di mana-mana, di banyak tempat, kita bisa mendapatkan pisang dengan sangat mudah. Di dalam buah pisang terkandung di dalamnya 3 gula alami sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Di samping memiliki kandungan gula alami buah pisang juga memiliki banyak kandungan serat. Manfaat serat tentu saja anda semua tahu, sangat baik untuk membantu sistem pencernaan dalam tubuh.

Adapun kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang adalah sebagai berikut :

    1. Sodium 1 mg
    2. Kalori 99 mg
    3. Fosfor 2,8 mg
    4. Karbohidrat 25,8 mg
    5. Vitamin A 44 mg, Vit B, B6-B12, C 3 mg, dan air 72.
    6. Protein 1,2 mg
    7. Lemak 0.2 mg
    8. Kalsium 8 mg
    9. Besi 28 mg
    10.Serat 0,7 mg


Manfaat Buah Pisang

1. Buah Pisang Membantu Meningkatkan Kosentrasi

Apabila anda mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi maka buah pisang bisa dijadikan solusi problem anda. Sebab di dalam buah pisang ada kandungan kalsium yang berfungsi untuk meningkatkan kosentrasi. Buah pisang adalah cara alami untuk meningkatkan konsentrasi anda.

2. Buah Pisang Bermanfaat Bagi Ibu yang sedang Hamil

Kandungan buah Pisang adalah asam folat. Asam folat sangat mudah diserap oleh janin lewat rahim sang ibu. Akan tetapi jangan terlalu banyak makan pisang bagi ibu hamil. Karena mengkonsumsi buah pisang dengan berlebihan tidak baik juga bagi janin. Kenapa ? Karena buah pisang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

3. Buah Pisang Sebagai Masker Pelembut Kulit

Buah pisang tidak hanya bermanfaat untuk tubuh dengan cara dimakan. Tapi buah pisang bisa dijadikan Masker Pelembut Kulit. Mau tahu caranya ? Begini :
  • Buatlah bubur pisang lalu Campurlah bubur pisang tadi dengan madu dan susu.
  • Aduklah campuran tersebut hingga benar-benar merata.
  • Setelah merata oleskan pada wajah anda
  • Biarkan selama 30 menit.
  • Kemudian bilas dengan air hangat. Lalu bilas lagi dengan air dingin.

Lakukan hal itu secara teratur setiap hari, maka dalam waktu kurang lebih 15 hari kulit anda akan telihat lebih halus dan bersih.

4. Buah Pisang Mengatasi Diare dan Sembelit


Terserang penyakit diare dan mengalami sembelit ? Jangan jauh-jauh cari obat. Manfaatkan buah pisang. Dalam buah pisang terkandung banyak serat. Serat membantu fungsi pencernaan. Di samping itu kandungan potasium yang ada dalam buah pisang sangat baik untuk anda yang menderita diare. Juga buah pisang memiliki kandungan pektin. Pektina adalah salah satu jenis serat yang mudah larut dalam air.

5. Buah Pisang Bisa Mengatasi Anemia


Sedang mengalami penyakit Anemia ? Pisang solusinya. Di dalam Buah pisang terkandung zat besi yang relatif tinggi. Dengan kandungan zat besi yang tinggi maka buah pisang bisa membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh. Untuk penderita penyakit anemia dianjurkan untuk makan buah pisang secara rutin. Makan buah pisang secara rutin sangat baik untuk mengembalikan tekanan darah dalam tubuh dan juga membantu untuk hemoglobin menjadi stabil.

6. Buah Pisang Mengatasi Rasa Lelah dan Sebagai Sumber Energi


Merasa lelah setelah bekerja ? Jangan lupakan pisang. Coba anda lihat tekstur buah pisang yang lembut. Buah pisang akan mudah di cerna oleh tubuh karena tekstur buah pisang yang lembut itu. Di samping itu kandungan gula alami yang ada dalam buah pisang akan menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh.

7. Buah Pisang Bermanfaat Mengobati Stroke dan Menurunkan Tekanan Darah
Kandungan kadar garam buah pisang rendah. Dengan kadar garam yang rendah tersebut buah pisang bisa mengobati penyakit stroke dan dapat menurunkan tekanan darah. Kalau ini saya alami sendiri. Setiap saya sakit kepala karena Hipertensi atau tekanan darah tinggi, maka solusi yang saya lakukan adalah dengan makan buah pisang ulin ( kata orang banjar ). Tidak banyak. Paling 3 sampai 5 buah pisang saja. Dalam hitungan menit ( pengalaman saya loh ) sakit kepala berangsur hilang.

Demikianlah 7 manfaat pisang untuk kesehatan tubuh kita. Jangan sepelekan buah yang satu ini karena manfaatnya yang sangat besar untuk kita. Di samping enak, ternyata buah pisang bermanfaat ya. Oh ya, info di atas saya dapatkan dari beberapa sumber. Di antaranya melalui blog sahabat kita di www.eastlifes.com. Silahkan berkunjung ke sana kalau tidak percaya. He he he. Semoga sukses dan selalu sehat.

Manfaat Buah Untuk Kesehatan

| comments (12)

Sebelumnya telah saya paparkan untuk anda tentang manfaat dari buah mangga untuk kesehatan tubuh kita. Kali ini saya akan posting tentang manfaat buah secara umum. Jadi manfaat buah mangga sebelumnya mendahului artikel manfaat buah-buahan untuk kesehatan kali ini. Tidak apa-apa khan. Nanti secara berkala jika ada waktu akan saya posting juga beberapa manfaat dari buah-buahan secara khusus seperti manfaat buah apel, manfaat buah nanas, manfaat buah pisang dll. Asal jangan ganti channel ya. He he he

Ketika badan sehat biasanya kita tidak berpikir untuk bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan oleh Allah Swt. Ditambah lagi kita tidak memperhitungkan pula kenikmatan sehat itu sendiri. Padahal betapa nikmatnya sehat itu kita rasakan jika kita dalam keadaan sakit. Kita baru sadar akan nikmat tersebut setelah berbaring di tempat tidur karena sakit dan tidak bisa berbuat apa-apa.

Maka dari itu, kita harus selalu menjaga kesehatan dengan cara berolah raga yang cukup, istirahat cukup dan tentu saja makan makanan yang bergizi. Nah di antara menjaga makanan yang bergizi adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Manfaat Buah Bagi Kesehatan

Banyak para ahli kesehatan mengungkapkan betapa besar manfaat dari buah-buahan untuk kesehatan. Bahkan manfaat buah telah diketahui dan diyakini sejak nenek moyang kita. Manfaat buah banyak dicari karena sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Buah bisa kita temukan di sekitar kita dengan sangat mudah. Bahkan jika kita pergi ke pasar kecil saja akan kita dapatkan banyak sekali segala jenis buah-buahan. Dengan harga relatif murah kita bisa mengkonsumsi buah setiap hari. Dengan mengkonsumsi setiap hari, kita bisa mendapatkan manfaat buah-buahan secara maksimal.

Kenapa buah sangat baik untuk kesehatan ? Sebab di dalam buah terkandung gizi yang tinggi, mineral, dan  vitamin. Untuk itu sangat dibutuhkan oleh tubuh. Di samping itu di dalam buah-buahan juga terkandung antioksidan yang manfaatnya dapat menangkal radikal bebas yang bersembunyi di dalam tubuh. 

Adanya kandungan air dan serat yang terkandung di dalam buah-buahan akan menjadikan perut kita menjadi kenyang. Hal ini berguna sebagai program diet sekaligus menyehatkan tubuh.

Saran dari pedoman umum gizi seimbang Departemen Kesehatan RI, Jika kita ingin mendapatkan manfaat yang baik dan maksimal dari buah, maka kita bisa mengonsumsi 3 - 5 porsi buah dalam setiap hari.

Begitu besar dan pentingnya manfaat buah untuk kesehatan. Sangat tidak salah jika menyisihkan dari simpanan uang kita untuk membeli buah-buahan. Semua itu untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan prima. Sehingga segala aktivitas akan berjalan dengan lancar tanpa diganggu oleh problem kesehatan yang ada di dalam tubuh kita. Semoga bermanfaat.

Manfaat Buah Mangga

Sabtu, 07 Juli 2012 | comments (3)

Kita semua tahu apa dan bagaimana itu buah mangga. Tetapi mungkin selama ini kita hanya membeli di di pasar kemudian makan saja. Dan kita tidak pernah tahu apa manfaat mangga untuk kesehatan tubuh kalau kita makan buah mangga. Dalam kesempatan posting artikel kesehatan kali saya berbagi dengan anda tentang apa manfaat mengkonsumsi buah mangga.


Mangga Mengandung Antioksidan

Dalam buah mangga ada juga sumber kalium, vitamin C, dan beta-karoten. Apa itu Beta-karoten ? Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga masuk golongan antioksidan. Antioksidan adalah suatu senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas.
Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang diproduksi oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.

Di dalam tubuh, mayoritas radikal bebas berasal dari proses kimia kompleks saat oksigen digunakan di dalam sel. Radikal-radikal bebas yang secara kimia tidak lengkap tersebut dapat mencuri partikel dari molekul-molekul yang lain.

Ia kemudian menghasilkan senyawa-senyawa Abnormal dan membuat reaksi berantai yang dapat merusak sel, dengan menyebabkan perubahan mendasar pada materi genetis dan bagian-bagian penting sel lainnya. Sederhananya, cara radikal bebas merusak sel-sel tubuh, sama dengan proses oksigen menyebabkan Kertas berubah menjadi kuning atau mentega menjadi tengik. Zat-zat gizi antioksidan, seperti beta-karoten dan vitamin C, membuat radikal bebas tak berbahaya dengan menetralkannya.

Zat-zat gizi antioksidan itu terkandung melimpah pada buah mangga. Kandungan beta-karoten dan vitamin C (beserta kalium, aktivitas vitamin A, karbohidrat, energi dan air) dari beberapa macam mangga tiap 100 gram dapat dilihat pada beberapa perpustakaan.

Mangga Kaya Antioksidan Betakaroten


Menurut Gizi.net, buah Mangga masuk dalam golongan  buah berdaging dengan bentuk, ukuran, warna, dan citarasa (aroma-rasa-tekstur) beraneka ragam. Mangga ada yang berbentuk bulat penuh seperti mangga gedong, berbentuk bulat panjang, seperti mangga harumanis dan mangga manalagi, Mangga kopek berbentuk bulat pipih, sedang mangga golek berbentuk lonjong.

Sekalipun dari segi bentuk, ukuran, warna, dan citarasa buah mangga beragam, tapi dari segi gizi semuanya hampir tidak jauh berbeda. Misalnya mangga ranum segar memiliki kandungan air sekitar 82 persen, vitamin C 41 mg, dan energi/kalori 73 Kal per 100 gram.

Dalam tiap 100 gram mangga muda, mangga yang masih mentah terkandung air lebih kurang 84 persen, vitamin C 65 mg, dan energi 66 Kal. Energi dalam mangga muda rendah karena lebih banyak mengandung zat pati, yang akan berubah menjadi gula dalam proses pematangan.

Mayoritas energi mangga berasal dari karbohidrat berupa gula, yang membuatnya terasa manis. Kandungan gula ini didominasi oleh gula golongan sukrosa. Kandungan gula dalam mangga berkisar 7-12 persen. Tapi jenis mangga manis dapat mencapai 16-18 persen.

Kalium dan stroke

Fungsi Kalium adalah mengaktifkan kotraksi otot, membantu tekanan darah dan meningkatkan keteraturan denyut jantung. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah, dan secara bebas memberikan kontribusi terhadap penurunan risiko karena stroke.

Dalam Satu penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang menambahkan sepotong buah tinggi kalium ke dalam pola makanan sehari-hari, risiko terkena stroke fatal dapat dikurangi sebesar 40 persen. Konsumsi ekstra kalium sebanyak 400 mg setiap hari dapat meminimalisir kemungkinan mendapat penyakit jantung dan pembuluh darah.

Kalium terdapat melimpah pada mangga. Tiap 100 gram mangga terkandung kalium sebesar 189 mg. Dengan mengkonsumsi sebuah mangga harumanis ukuran sangat kecil (minimal 250 gram), atau sebuah mangga gedong ukuran sedang (200-250 g), kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi.

Mangga mengandung Vitamin C

Selain bermanfaat sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

Kandungan vitamin C di dalam buah mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi.

Bagi Anda yang mau membeli mangga pilihlah mangga yang baik dengan warna hijau kekuning-kuningan, kulit licin, dan Aroma yang manis. Janganlah memilih buah yang terlalu keras atau terlampau lembek, memar, atau berbau fermentasi. (Nurfi Afriansyah, peneliti pada Pusat Litbang Gizi Depkes RI).

Demkianlah kawan tips kali ini tentang Manfaat Buah Mangga. Semoga kita selalu sehat.

Tips Paling Baik untuk Hidup Sehat

Selasa, 03 Juli 2012 | comments (7)

"Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat" begitu kata pepatah lama.  Ada juga pepatah lain "Kesehatan adalah kekayaan". Dan masih banyak lagi kata-kata dan kalimat yang mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan dalam tubuh. Anda bisa dikatakan memiliki kekayaan yang sempurna apabila memiliki tubuh yang sehat. Jadi kekayaan materi tidak akan berarti apa-apa apabila si empunya sedang dalam keadaan sakit-sakitan. "Ia memang kaya raya, tapi sayang orangnya sakit-sakitan", begitu kan kata mereka.

Mau sehat semua tergantung kita punya tubuh. Seperti apa yang difirmankan oleh Allah Swt, Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum jika tidak kaum itu sendiri yang merubahnya. Sehat juga begitu. Allah tidak akan memberikan nikmat kesehatan pada seorang hamba jika tidak hamba itu sendiri menjaga kesehatan dengan baik. 5 tips berikut ini insya Allah bermanfaat untuk anda ( saya juga bro ) jika ingin mempunyai tubuh yang sehat.


1. Olahraga

Melakukan olahraga dengan teratur sangat penting untuk hidup sehat. Sebab dengan olah raga bisa memungkinkan kita membakar lemak dalam tubuh kita, meregangkan otot dan jaringan, membuat peredaran darah , pencernaan, pernafasan, dan sistem ekskretoris bekerja dengan baik.

Dengan Olahraga maka kita bisa tidur dan istirahat dengan baik. Berbagai jenis olahraga yang bisa kita lakukan seperti: basket, berjalan, jogging,  bersepeda,  berjalan, melompat, menari, sepakbola, dll. Pilih salah satu dari jenis olah raga tersebut. Cobalah sebisa mungkin hingga keluar keringat. Berolah raga sedikitnya dua jam setiap minggu.

2. Makanan


Kesehatan tubuh setiap orang bergantung pada apa yang ia konsumsi/makan. Orang yang makan dan melakukan diet seimbang; kaya protein, vitamin,  karbohidrat, mineral, lemak dan minyak serta air maka pasti akan sehat. Tubuh dengan gizi seimbang akan mengembangkan antibodi yang cukup kuat untuk berperang melawan setiap antigen yang masuk ke dalam tubuh. Semua sel dan jaringan yang rusak sebab kegiatan sehari-hari akan diisi ulang.

Sebaliknya orang yang mengkonsumsi alkohol, merokok, mengambil obat keras dll, akan membahayakan kesehatannya. Hal-hal akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh, sel-sel dan jaringan. Akibatnya, tubuh akan terkena penyakit seperti diabetes, kanker, tekanan darah tinggi, dll.

Silahkan pilih, mau makan yang sehat atau makan makanan yang tidak sehat ?

3. Bekerja

Bekerja tidak hanya bermanfaat untuk menciptakan peluang penghasilan buat kehidupan kita. Tapi pekerjaan juga sangat penting untuk mempertahankan hidup sehat. Bekerja dapat menciptakan kekayaan, dan kekayaan digunakan untuk mempertahankan hidup sehat. Sebuah kata pepatah berkata "dia yang tidak bekerja tidak boleh makan".

Tidak bekerja sama saja dengan membiarkan tubuh anda akan digerogoti berbagai penyakit. Seperti air. Kalau air itu mengalir maka biasanya jernih. Beda dengan air yang menggenang, banyak sekali kotoran yang hinggap.

4. Beristirahat

Tubuh kita sama dengan sebuah mesin yang dapat memanas jika tidak  didinginkan setelah seesai bekerja dalam jangka waktu lama. Maka lakukan istirahat. Istirahat membantu tubuh kita menjadi lebih fresh/segar, lebih efisien dan tentu lebih produktif.

Saat kita beristirahat, metabolisme tubuh melambat, dan pada saat itu dilakukan perbaikan pada sel-sel dan jaringan. Beberapa orang telah menyalahgunakan tubuh mereka dengan bekerja sepanjang tahun dan pada akhirnya adalah merusak sistem tubuh mereka. Maka sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk liburan dan bersantai, ini sangat baik untuk kesehatan Anda. :)

5. Lingkungan

Lingkungan adalah sesuatu yang ada di luar tubuh kita. Lingkungan juga sangat penting untuk membantu terciptanya kesehatan dengan baik. Tempat kita tinggal menentukan keadaan kesehatan kita. Sebuah lingkungan yang kotor rawan nyamuk, udara daerah tercemar tentu akan membahayakan kesehatan kita. Jika kita menjaga lingkungan kita tetap bersih, maka niscaya hidup kita akan selalu sehat. Untuk itu mari kita jaga lingkungan dengan sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan.

Ingin sehat ? Mari kita lakukan tips di atas dengan baik. Semoga manfaat.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Kesehatan Wanita | Bisnis Online | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Kumpulan Tips Published by @BacaKataBijak
Proudly powered by Blogger