Makanan Yang Berbahaya Bagi Ginjal

Kamis, 21 Juni 2012 | komentar (2)

Jika kita memiliki sebuah sepatu, untuk menjaga supaya sepatu tersebut tetap baik dan bersih, tentunya kita harus merawatnya dengan baik, dicuci setiap sekian hari sekali. Dan sebaliknya, selain sering dicuci, juga tentunya harus dijaga supaya tidak menginjak berbagai jalan yang kotor.

Demikian juga untuk menjaga ginjal, selain perlu untuk merawatnya dengan memberikan berbagai asupan yang bermanfaat, juga perlu dijaga dari berbagai makanan yang dapat merusak fungsi organ penting tersebut. Dijaga dalam artian mengurangi, bukan dalam artian tidak boleh sama sekali.

Nah, pada artikel sebelumnya kita telah berbicara tentang beberapa makanan yang bermanfaat untuk ginjal. Karenanya, di kesempatan itu kali ini kita akan membahas kebalikan dari artikel tersebut, yaitu tentang berbagai makanan yang berbahaya bagi ginjal, yang perlu kita hindari.

Makanan apa saja yang berbahaya bagi ginjal dan perlu dikurangi? Berikut beberapa di antaranya :

Makanan Dengan Kandungan Potassium Tinggi

Salah satu makanan yang perlu untuk dihindari supaya ginjal kita menjadi sehat adalah berbagai makanan yang mengandung potassium dalam jumlah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan potassium yang tinggi akan membuat ginjal bekerja keras dan menjadi lebih cepat rusak. Jika ginjal telah rusak, potassium tidak akan dapat tersaring lagi dan membuat penderita terserang hiperkalemia.

Beberapa makanan tinggi potassium yang perlu dihindari di antaranya seperti paprika dan cabai merah, alpukat, coklat, aprikot kering, dan sayuran kering.

Makanan Dengan Kandungan Protein Hewani

Makanan yang berbasis protein hewani mengandung purine dalam jumlah yang tinggi, yang selanjutnya di dalam ginjal akan berubah menjadi asam urat, dan pada akhirnya akan dapat menjadi sebuah batu ginjal, dan juga merusak sendi karena mengkristal.

Karenanya, seperti disarankan oleh The American Association of Kidney Patients, jangan terlalu banyak memakan protein hewani. Sebagai gantinya, makan berbagai jenis tumbuhan yang dapat menyuplai protein seperti kedelai, atau gandum utuh.

Makanan Dengan Kandungan Asam Oksalat Tinggi

Makanan selanjutnya yang perlu untuk dihindari supaya kesehatan ginjal tetap terjaga dengan baik adalah makanan yang memiliki kandungan asam oksalat tinggi. National Kidney Foundation menyarankan melakukan tips yang satu ini untuk menjaga kesehatan ginjal dan mencegah berkembangnya batu ginjal di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung asam oksalat tinggi dan harus dibatasi asupannya antara lain kopi, the, buat bit, berbagai jenis berry, kacang, ubi, dan coklat.

Makanan Dengan Kandungan Fosfor Yang Tinggi

Salah satu jenis makanan yang berbahaya lainnya adalah makanan dengan kandungan fosfor yang tinggi. Kenapa demikian? Jawabnya karena dapat mengganggu keseimbangan level elektrolit di dalam tubuh yang berimbas kepada tidak stabilnya level elektrolit di dalam tubuh.Demikian yang dijelaskan oleh American Association of Kidney Patients.

Karenanya, kurangilah konsumsi berbagai makanan dengan kandungan fosfor yang tinggi, seperti yogurt, susu, keju dari kedelai, dan yogurt dari kedelai. Kurangi juga konsumsi coklat, dan berbagai minuman ringan yang berkarbonasi.

Makanan Yang Diawetkan dan Dibekukan

Salah satu penyebab penyakit pada ginjal adalah tingginya tekanan darah pada seseorang. Dan tekanan darah yang tinggi biasanya disebabkan oleh tingginya kandungan sodium di dalam darah seseorang, seperti dijelaskan oleh National Kidney and Urologic Diseases Information Clearinghouse (NKUDIC).Karenanya, untuk menjaga kesehatan ginjal kita perlu untuk mengurangi jumlah asupan sodium yang masuk ke dalam tubuh.

Salah satu sumber sodium yang banyak kita konsumsi sehari-hari adalah berbagai makanan yang telah dibekukan dan diawetkan (dikalengkan), seperti sup kaleng, keripik kentang, fast food / junk food, makanan beku, hot dog, garam, kecap, daging olahan, dan sebagainya.

Penutup dan Kesimpulan

Demikian beberapa jenis makanan yang sebaiknya perlu untuk dihindari jika kita ingin terhindari dari penyakit ginjal, dan terlebih lagi oleh mereka yang sudah terlanjur mengidap penyakit ginjal.Semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Tentang Penulis Tamu

Haryo Muslim Amanah, adalah seorang penggemar info kesehatan ilmiah dari WebMD, Mayo Clinic dan juga situs DokterSehat. Saat ini mengelola toko obat herbal online, www.ahliherbal.com.Untuk menghubungi beliau, silakan gunakan halaman kontak di website terkait.

Referensi Lanjutan
Live Strong (bit.ly/7qv8f2), Mayo Clinic (bit.ly/i50X0J), National Kidney Foundation (bit.ly/nivZDF), Medline Plus (1.usa.gov/9PX8GG)

Admin : Anda ingin juga menjadi penulis tamu ? Silahkan KLIK DI SINI untuk menulis artikel di blog Info sehat ini
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

5 September 2012 07.39

loh kok bisa sih bro makanan yg mengandung potasium tinggi berbahaya utk ginjal, begitu juga dgn fosfor padahal aku sering banget minum susu putih yg sudah jelas mangandung fosfor. saya suka minum susu karena supaya cepat tinggi

Terima kasih Blog Jaja Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin
12 Oktober 2012 00.36

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Terima kasih Sherlock Holmes Atas Komentar Anda Pada Artikel Ini. Datang lagi ya !
by Admin

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar untuk Saling Berdiskusi seputar kesehatan. Teman yang lain juga bisa menjawab pertanyaan dari teman teman kita di sini

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Creating Website | Johny Template | Template Gratis
Copyright © 2012. Info Sehat - All Rights Reserved
Pemilik Blog Jasa Iklan Gratis Published by Mukti Effendi
Proudly powered by Blogger